HOME, Bugar

Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Inilah Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Penyakit asam lambung adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan munculnya rasa terbakar pada bagian dada akibat asam lambung yang naik menuju kerongkongan.

Bukan hanya orang dewasa, penyakit ini juga bisa dialami oleh anak-anak. Saat asam lambung naik, kondisi ini dapat menyebabkan iritasi pada dinding kerongkongan dan juga mulut.

Biasanya, penyakit asam lambung akan ditandai dengan munculnya sensasi panas pada dada (heartburn) dan juga asam pada bagian mulut. dilansir dari Healthline.

Jangan khawatir, nyatanya penyakit asam lambung dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup dan pola makan sehat.

Baca Juga: Inilah 5 Gejala Penyakit Asam Lambung Naik yang Sering Disepelekan

Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung berikut ini:

1. Pisang

Makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung pertama adalah pisang. Anda yang punya penyakit asam lambung juga dianjurkan untuk mengonsumsi pisang secara rutin.

Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang baik untuk menetralisir asam lambung. Selain pisang, buah-buahan lainnya yang dapat dikonsumsi, yaitu buah pir, apel, dan melon.

2. Daging tanpa Lemak

Makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung kedua adalah daging tanpa lemak. Daging yang berlemak tinggi sering menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Itu sebabnya, pengidap asam lambung sebaiknya memilih daging rendah lemak atau ikan yang mudah dicerna dengan baik oleh lambung.

Bagi Anda pengidap asam lambung, pilih daging rendah lemak tanpa kulit atau daging-dagingan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

3. Roti

Makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung ketiga adalah roti. Menurut studi dari Cleveland Clinic, pengidap asam lambung masih boleh mengonsumsi roti.

Namun, jenis roti yang disarankan adalah roti yang terbuat dari gandung atau mengandung beragam biji-bijian di dalamnya.

Hal ini karena jenis roti tersebut kaya kandungan vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

4. Jahe

Makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung keempat adalah jahe. Tanaman rempah yang satu ini tidak hanya memberi kehangatan, namun juga dapat mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung.

Melansir dari Healthline, jahe memiliki kandungan antiinflamasi untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit asam lambung.

Anda bisa mengonsumsi jahe dengan cara dipotong atau diparut, lalu diolah menjadi minuman hangat untuk meredakan gejala penyakit asam lambung.

Baca Juga: Buah yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

5. Oatmeal

Makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung kelima adalah oatmel. Jenis makanan lainnya yang juga dianjurkan bagi pengidap asam lambung adalah makanan yang kaya serat, misalnya oatmeal. 

Oatmeal sering dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalankan diet karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

Bagi pengidap asam lambung, oatmeal dapat mengatasi gejala penyakit dengan menyerap asam lambung, sehingga gejalanya dapat mereda.

6. Kentang

Makanan yang aman dikonsumsi penderita asam lambung terakhir adalah kentang. Kentang menjadi makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung.

Hal ini disebabkan kentang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang mudah dicerna. Menurut jurnal Gastroenterology Research and Practice, mengonsumsi kentang dapat menurunkan risiko asam lambung.

Itulah beberapa makanan yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung. Untuk semakin merasakan manfaat dari beberapa jenis makanan tersebut, sebaiknya pastikan kamu menjalani gaya hidup sehat.

Seperti, berhenti merokok, menghindari mengonsumsi alkohol, dan juga rutin mengonsumsi obat yang disarankan oleh dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News