HOME, Santai

Ingin Bersihkan Matras Olahraga? 2 Cara Ini Bisa Dijadikan Pilihannya!

Ingin Bersihkan Matras Olahraga? 2 Cara Ini Bisa Dijadikan Pilihannya!

MOMSMONEY.ID - Matras merupakan perlengkapan olahraga yang digunakan sebagai alas agar tubuh tidak mengenai lantai dan merasa lebih nyaman saat berolahraga.

Melakukan olahraga secara aktif di atas matras tentunya akan membuat keringat bercucuran mengenai matras dan membuat matras menjadi salah satu tempat yang mudah dihinggapi bakteri.

Bakteri dari keringat saat berolahraga di atas matras dapat menjadi salah satu sumber berkembangnya bakteri lain yang bisa memicu penyakit.

Maka itu penting untuk membersihkan matras secara rutin. Membersihkan matras secara rutin bisa membantu untuk membersihkan matras dari bakteri. Untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada matras, penggunaan desinfektan juga disarankan.

Baca Juga: 5 Manfaat Yoga Setelah Melahirkan, Yuk Simak!

Secara umum ada dua cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan matras. Yaitu melalui daily cleaning dan deep cleaning. Simak penjelasannya berikut ini.

Daily cleaning

Daily cleaning adalah kegiatan membersihkan matras setiap hari setelah selesai digunakan untuk berolahraga. Untuk melakukan daily cleaning yang dibutuhan hanyalah cairan sabun dan air atau desinfektan sebagai pembersihnya.

Menurut laman Yoga Outlet, gunakan bahan yang lembut untuk mengusap bagian matras agar tidak merusak matras. Air hangat juga bisa digunakan untuk membersihkan sisa pembersih yang masih menempel pada matras.

Pastikan untuk membersihkan kedua sisi matras yang digunakan untuk berolahraga. Tunggu hingga kondisi matras benar benar kering sebelum menggulung dan menyimpan kembali matras.

Baca Juga: Ini 6 Tips Menimbang Berat Badan Untuk Dapatkan Hasil Akurat! Cari Tahu Yuk!

Deep Cleaning

Bagi yang memiliki jadwal rutin untuk berolahraga, maka membersihkan matras dengan cara ini dapat dilakukan secara rutin sebulan sekali. Melansir dari laman Rei, cara untuk melakukan metode ini cukup dengan merendam matras dengan campuran sabun dan air hangat saja.

Pastikan untuk tidak menggunakan banyak sabun agar tidak terlalu banyak meninggalkan residu. Diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu jangan lupa untuk menggosok kedua bagian matras secara lembut.

Langkah terakhir, bilas matras dengan menggunakan air hingga bersih. Lalu jemur hingga kering di bawah matahari.

Penggunaan mesin cuci tidak begitu disarankan untuk mencuci matras. Karena matras terbuat dari materialnya yang tidak sesuai dengan mesin cuci. Ketika matras sudah mulai mengelupas maka ada baiknya untuk segera membeli matras baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News