ads

5 Manfaat Yoga Setelah Melahirkan, Yuk Simak!

Reporter: Ana Risma
Selasa, 26 April 2022 | 16:59 WIB
5 Manfaat Yoga Setelah Melahirkan, Yuk Simak!

ILUSTRASI. 5 Manfaat Yoga Setelah Melahirkan


MOMSMONEY.ID - Kehamilan merupakan salah satu fase paling membahagiakan bagi sebagian besar wanita. Di sisi lain, kehamilan juga bisa menyebabkan stres dan ketegangan akibat berat badan yang semakin bertambah. Tak sampai di situ, para ibu pun harus mampu berjuang ekstra dalam beraktivitas sehari-hari setelah melahirkan mengingat tubuh belum pulih sepenuhnya dari kerasnya kehamilan dan persalinan.

Sebagai solusi, yoga hadir untuk menjadi pilihan olahraga yang bisa Anda coba guna membantu mengatasi beberapa masalah bawaan yang hadir usai hamil dan melahirkan.

Melansir Firstcry Parenting, berikut 5 manfaat melakukan yoga setelah melahirkan yang patut Anda ketahui.

Baca Juga: Kenali Tanda Bayi Mengalami Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

1. Membantu pemulihan pasca-melahirkan

Tubuh wanita akan mengalami perubahan luar biasa selama kehamilan. Perubahan tersebut akan menyebabkan banyak tekanan pada seluruh bagian tubuh ditambah lagi dengan proses menggendong bayi dan melahirkan yang menyakitkan.

Dengan melakukan yoga setelah melahirkan normal, itu akan menjadi cara yang bagus untuk secara bertahap menenangkan ketegangan yang harus ditanggung tubuh karena kehamilan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Bertambahnya berat badan selama kehamilan merupakan hal yang wajar terjadi. Ini disebabkan karena tubuh ibu hamil secara alami mengambil nutrisi yang lebih dari biasanya sekaligus ada beban tambahan yang berasal dari bayi di dalam kandungan.

Kenaikan berat badan saat hamil memang tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, berat badan berlebih perlu ditangani dengan segera usai melahirkan jikalau Anda menginginkan berat badan yang ideal seperti sebelum hamil. Dan, salah satu cara yang bisa Anda coba adalah yoga.

Dikenal sebagai rejimen kuno yang telah dicoba dan diuji, beberapa disiplin dan sedikit waktu per hari untuk melakukan yoga dapat memberikan hasil yang fantastis untuk membantu menurunkan berat badan Anda pasca-melahirkan.

3. Menjaga ketahanan tubuh

Sebagian besar ibu mengalami kelemahan setelah kehamilan. Gejala kelemahan tersebut antara lain hilangnya stamina, nyeri otot atau sendi, dan kelelahan kronis.

Yoga akan dengan lembut dan perlahan melatih otot serta persendian Anda untuk kembali ke kekuatannya semula. Secara bersamaan, yoga juga akan meningkatkan kekuatan inti sekaligus stamina tubuh Anda.

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER