HOME, Santai

Ini 6 Tips Menimbang Berat Badan Untuk Dapatkan Hasil Akurat! Cari Tahu Yuk!

Ini 6 Tips Menimbang Berat Badan Untuk Dapatkan Hasil Akurat! Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Menimbang berat badan merupakan kewajiban yang perlu dilakukan bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet. Untuk mengetahui berat badan yang berkurang atau bertambah, cara yang paling tepat adalah dengan konsisten menimbang.

Untuk bisa mendapatkan hasil berat badan yang akurat, maka menimbang harus dilakukan di waktu yang tepat.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai untuk menimbang berat badan ya.

Baca Juga: Makeup Malah Bikin Wajah Terlihat Kusam? Inilah 4 Penyebabnya Menurut Ahli

Lakukan saat pagi

Menimbang berat badan sebaiknya dilakukan saat pagi hari ketika kondisi pencernaan masih kosong. Timbanglah berat badan tepat setelah buang air besar dan buang air kecil saat pagi. Hindari untuk mengkonsumsi makanan apa pun sebelum menimbang berat badan.

Gunakan bahan pakaian yang tipis

Menimbang berat badan ada baiknya dilakukan dengan menggunakan bahan pakaian setipis mungkin. Sehingga tidak akan menambah berat pada timbangan dan menghasilkan hasil timbangan yang tidak akurat. Sebisa mungkin hindari menggunakan bahan pakaian tebal saat ingin menimbang berat badan.

Seminggu sekali saja

Melansir dari halaman Health Line, tidak ada alasan untuk menimbang berat badan setiap hari. Karena tubuh akan mengalami fluktuasi cairan dan air setiap hari yang mengakibatkan perubahan pada berat badan tubuh. Menimbang berat badan setiap hari tidak akan menghasilkan hasil berat badan yang akurat.

Baca Juga: Kenali Jenis Kanker Payudara yang Umum Terjadi pada Perempuan

Perhatikan makanan Anda

Mengkonsumsi makanan yang mengandung sodium tinggi akan membuat tubuh menyimpan banyak kandungan air. Garam adalah salah satu jenis sodium tinggi yang bisa terkandung dalam makanan. Sodium nantinya berubah menjadi air yang bisa membuat berat badan menjadi bertambah.

Jangan menimbang saat menstruasi

Para perempuan sebaiknya hindari untuk menimbang berat badan seminggu sebelum dan seminggu sesudah menstruasi. Kandungan air dalam tubuh perempuan akan bertambah saat menjelang dan sesudah menstruasi yang disebabkan karena hormon menstruasi.

Hentikan saat stress

Melihat berat badan yang tidak kunjung berubah walaupun sudah melakukan banyak diet tentu akan membuat stress. Ada baiknya untuk berhenti menimbang berat badan saat hal ini terjadi. Sebaiknya fokuslah pada mengatur kembali pola makan dan berolahraga dengan rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News