HOME, InvesYuk

IHSG Tampil Prima Tiga Hari Berturut-turut

IHSG Tampil Prima Tiga Hari Berturut-turut

MOMSMONEY.ID -  Kian berotot selama tiga hari dalam pekan ini, IHSG hari ini kembali ditutup prima. Sekedar informasi saja Moms,  pada penutupan perdagangan Rabu (4/8), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)  menguat 0,46% atau 28,46 poin ke level  6.159,04.

Dari 11 indeks sektoral, enam sektor menguat bersama dengan IHSG. Adapun kategorinya adalah sektor transportasi dan logistik melonjak 1,31%. Sektor keuangan melesat 1,30%. Sektor properti dan real estat naik 0,36%. Sektor kesehatan menguat 0,34%. Sektor infrastruktur menanjak 0,34%. Sektor energi terangkat 0,08%.

Sementara lima indeks sektoral masih terkoreksi. Sektor perindustrian melemah 0,68%. Sektor teknologi tergerus 0,68%. Sektor barang konsumsi primer melemah 0,12%. Sektor barang konsumsi nonprimer turun 0,11%. Sektor barang baku melemah tipis 0, 07%.

Baca Juga: Wow! Pegadaian Siapkan 3 kg Emas untuk Atlet Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020

Investor asing mencatat pembelian bersih atawa net buy Rp 357,79 miliar di seluruh pasar. Saham-saham dengan pembelian bersih terbesar asing adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp 141,6 miliar, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp 43,9 miliar, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Rp 37,9 miliar.

Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki, berpendapat, penguatan IHSG hari ini banyak didorong beberapa katalis positif. Seperti optimisme investor akan penanganan covid-19 oleh Pemerintah. Selain itu juga, Achmad Yaki melihat rilis laporan keuangan beberapa emiten di tanah air mayoritas membaik di semester satu tahun ini. Dengan indikasi positif tersebut bursa saham di tanah air pun bergerak mulus dan meyakinkan para investor untuk berinvestasi dalam negeri.

Selain itu juga, faktor penguatan rupiah dan insentif untuk sektor ritel menjadi pendorong penguatan IHSG kali ini. "Optimisme jelang rilis data pertumbuhan ekonomi juga bisa jadi penguatan IHSG. Karena ada harapan pertumbuhan ekonomi tumbuh baik year on year (YoY) ataupun quarter on quarter (QoQ)," imbuhnya.

Besok, Achmad Yaki memperkirakan IHSG masih akan bergerak secara fluktuatif di rentang 6.072 sampai 6.175. Dia mengingatkan ada potensi investor melakukan profit taking atau mengambil keuntungan.

Dan untuk saham yang direkomendasikan menarik untuk dipilih investor esok adalah BBCA (buy on weakness), TOWR (buy on weakness, ICBP (buy on weakness), BBRI (trading buy), BBKP (trading buy).

Selanjutnya: Manfaatkan Harga Promo Es Kopi Hari Ini, Rabu (4/8)

 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News