HOME, InvesYuk

IHSG Hari Ini, Rabu (5/12) Ditutup di Zona Merah

IHSG Hari Ini, Rabu (5/12) Ditutup di Zona Merah

MOMSMONEY.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 33,07 poin atau 0,49% ke 6.662,29 pada akhir perdagangan Rabu (5/1).

Sebanyak 174 saham naik, 369 saham turun dan 138 saham stagnan.

Sembilan indeks sektoral melemah, mengikuti pelemahan IHSG. Indeks sektoral dengan pelemahan terdalam adalah IDX Sektor Properti yang turun 1,77%, IDX Sektor Transportasi turun 1,49% dan DIX Sektor Barang Konsumen Non Primer yang turun 1,46%.

Sementara itu, hanya satu indeks sektoral yang selamat ke zona hijau yakni IDX Sektor Keuangan yang nak 0,19%.

Baca Juga: Kemenkes: Tarif Vaksin Booster Belum Ditetapkan

Total volume perdagangan saham di bursa hari ini mencapai 22,12 miliar saham dengan total nilai Rp 23,17 triliun.

Head of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan menilai secara teknikal, indikator stochastic RSI menunjukan sinyal overbought, namun investor asing masih mencatatkan aksi beli (net buy) cukup besar yakni sebesar Rp 800 miliar.

"IHSG juga menutup gap ke level 6.665. Pola candlestick yang terbentuk memiliki upper dan lower shadow yang sama panjang," ujarnya dalam riset.

Valdy menambahkan, pergerakan IHSG masih akan dibayangi oleh potensi pelemahan nilai tukar Rupiah, menyusul pengumuman risalah FOMC pada Kamis dinihari (6/1). Pelaku pasar juga tengah mengantisipasi pengetatan kebijakan moneter the Fed yang lebih agresif, salah satunya adalah potensi kenaikan the Fed Rate hingga 3 (tiga) kali di 2022.

"Sebagai informasi, nilai tukar rupiah melemah 0.38% ke level Rp 14.355 per USD," tandasnya.

Baca Juga: Tren Dekorasi Ruang Keluarga di Tahun 2022, Mau Mencobanya?

Faktor lain yang mampu mempengaruhi pergerakan IHSG esok adalah perkembangan COVID-19. Dimana sejumlah negara tengah mencatatkan kenaikan kasus baru harian di awal 2022. Di Indonesia sendiri, kasus omicron terus mencatatkan peningkatan.

"Serupa dengan hari-hari sebelumnya, di tengah pergerakan sideway IHSG, pelaku pasar sebaiknya jangan terlalu agresif," pungkas Valdy.

Pada perdagangan besok, Kamis (6/1), Valdy perkirakan IHSG bergerak di rentang 6.630 sampai 6.680.

Sebagai pertimbangan saham spekulatif beli, Valdy menyebut pelaku pasar bisa mencermati saham-saham dengan potensi rebound seperti AMRT, ERAA, TOWR, JSMR dan MEDC. Anda juga bisa memperhatikan potensi penguatan lanjutan pada saham ARTO dan SIDO.

Baca Juga: Promo Skincare ERHA Diskon s/d 25% + Free Totebag hingga 7 Januari 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News