HOME, Keluarga

Ide Kegiatan yang Bisa Anda Jajal untuk Waktu Berkualitas Bersama Anak

Ide Kegiatan yang Bisa Anda Jajal untuk Waktu Berkualitas Bersama Anak

MOMSMONEY.ID - Menghabiskan waktu luang bersama anak di taman hiburan memang menyenangkan, namun jika kegiatan bersantai bisa dilakukan di lingkungan rumah mengapa tidak dicoba?

Selain lebih hemat, kegiatan bersantai bersama anak juga akan jauh lebih aman untuk dilakukan ketika situasi masih pandemi seperti sekarang ini.

Sebagai referensi kegiatan di hari libur nanti, berikut MomsMoney usulkan 5 ide kegiatan bersantai dan quality time bersama anak yang bermanfaat, menarik, dan patut untuk Anda coba. Yuk, simak!

Baca Juga: Ciptakan Kebiasaan Makan Sehat pada Anak dengan Cara Ini

1. Jalan-jalan di alam

Ketika hari libur tiba setelah sebelumnya Anda sibuk bekerja, Anda dapat mengajak keluarga kecil Anda untuk berjalan-jalan di alam. Alam terbuka akan membantu Anda dan seluruh anggota keluarga untuk lebih rileks. Bersantai dengan berjalan di alam akan membantu menjernihkan pikiran sekaligus memberikan energi dan fokus untuk membuat pilihan yang lebih baik.

Jika anak-anak bertanya mengapa Anda mengajak mereka untuk berkegiatan di alam, jelaskanlah bahwa kegiatan ini tidak hanya terasa menyenangkan melainkan juga menyehatkan dibandingkan harus berkutat dengan gadget.

2. Yoga

Ide kegiatan bersantai bersama keluarga yang menyehatkan lainnya adalah yoga. Selain membantu meregangkan dan mengendurkan otot-otot yang tegang, yoga juga akan menjadi pengalaman baru bagi anak-anak Anda. Kemungkinan besar, mereka akan antusias ketika meragakan gerakan-gerakan yoga yang selama ini asing di mata mereka.

Tak perlu mengikuti kelas yoga di luaran sana, Anda dapat mengajak keluarga untuk yoga bersama di rumah saja dengan mengandalkan video yoga yang ada di YouTube maupun DVD sebagai instrukturnya. Pilihlah video dengan gerakan yoga yang sekiranya bisa diikuti oleh Anda dan anak-anak Anda ya.

3. Bermain bersama

Dalam seminggu, sisihkanlah waktu setidaknya satu kali untuk bermain bersama keluarga. Daripada mengatasi stres hanya dengan menonton TV berteman sekantong camilan, memainkan permainan bersama anak-anak akan jauh lebih baik untuk dilakukan.

Anda dapat mengajak keluarga untuk bermain permainan tradisional, petak umpet, atau memainkan permainan asah otak seperti monopoli, ular tangga, dan tebak gambar. Ide kegiatan ini tidak hanya dapat menciptakan keceriaan di tengah keluarga Anda melainkan juga akan membiasakan anak-anak Anda untuk menikmati waktu santai mereka dengan lebih baik tanpa bayang-bayang perangkat elektronik.

4. Mengasah kreativitas

Daripada berdiam diri, mengasah kreativitas jauh lebih menarik untuk dilakukan ketika waktu Anda senggang. Mengisi waktu luang dengan mengasah kreativitas merupakan cara yang bagus untuk bersantai sekaligus mengurangi stres.

Tak usah mengeluarkan biaya mahal hanya demi mempersiapkan bahan-bahan untuk berkreasi, cukup manfaatkanlah barang-barang yang ada di rumah Anda. Ajaklah keluarga Anda untuk membuat telepon kaleng lalu mainkan bersama-sama. Atau, Anda dapat mengajak anak-anak Anda untuk membuat kerajinan dari kulit telur, lukisan dari kacang hijau, atau menghias jurnal bersama.

5. Bercerita

Ide kegiatan terakhir yang menarik untuk dilakukan bersama anak-anak Anda adalah bercerita. Setiap malam sebelum tidur, pilihlah buku dengan cerita yang menarik dan bacakan kepada mereka. Agar lebih semarak, bacakan dengan suara yang berbeda-beda pada setiap dialog dari masing-masing karakter yang ada di dalam buku layaknya Anda sedang memainkan sebuah drama.

Rutin membacakan buku kepada anak-anak sebelum tidur akan membantu mereka bersantai dan lebih siap untuk tidur nyenyak. Bacakanlah satu bab setiap malamnya guna membuat anak menantikan waktu tidur untuk mengetahui kelanjutan cerita yang Anda bacakan.

Itulah 5 ide kegiatan yang bisa Anda coba untuk bersantai dan quality time bersama anak-anak Anda. Tak hanya menarik, kelima kegiatan di atas juga tergolong simple karena bisa dilakukan di rumah dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang menguras. Jadi, manakah kegiatan yang akan Anda lakukan bersama anak di akhir pekan nanti?

Selanjutnya: Jangan Lewatkan Makan Bersama Keluarga, Ini Dia 6 Manfaatnya untuk Anak-Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News