HOME, Keluarga

Jangan Lewatkan Makan Bersama Keluarga, Ini Dia 6 Manfaatnya untuk Anak-Anak

Jangan Lewatkan Makan Bersama Keluarga, Ini Dia 6 Manfaatnya untuk Anak-Anak

MOMSMONEY.ID - Terkadang kesibukan para orang tua memaksa mereka untuk memangkas quality time dengan keluarga, bahkan untuk sekadar makan bersama-sama. Padahal, makan bersama merupakan salah satu metode parenting terbaik yang sangat disarankan untuk dibiasakan.

Meski tak membutuhkan waktu terlalu lama, namun siapa sangka bahwa kegiatan makan bersama keluarga menyimpan beragam manfaat luar biasa bagi kesehatan fisik maupun mental anak-anak.

Melansir Parents, inilah 6 manfaat makan bersama keluarga untuk anak-anak yang patut diketahui oleh para orang tua.

Baca Juga: Cermati tahap perkembangan sensorik dan motorik anak usia 0-2 tahun

1. Mengajarkan kebiasaan makan yang lebih baik

Sebuah studi menunjukkan bahwa kebiasaan makan bersama anggota keluarga telah dikatikan dengan pola makan yang lebih baik secara keseluruhan terutama di kalangan remaja.

Remaja yang makan bersama keluarga cenderung mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta lebih sedikit makanan cepat saji dan minuman manis.

Temuan tersebut berlaku terlepas dari seberapa fungsional atau disfungsional sebuah keluarga.

2. Mencegah masalah psikososial yang serius

Sekelompok peneliti Kanada mengungkapkan bahwa makan malam bersama keluarga yang dilakukan dengan sering dapat mencegah masalah yang berkaitan dengan gangguan makan, alkohol, penggunaan zat, perilaku kekerasan, depresi, dan pikiran untuk bunuh diri pada remaja.

3. Mengurangi kemungkinan permasalahan berat badan

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics menemukan korelasi langsung antara frekuensi makan bersama keluarga pada masa remaja dengan penurunan kemungkinan obesitas atau masalah berat badan 10 tahun kemudian terutama pada kalangan remaja kulit hitam.

Studi ini menyimpulkan bahwa keluarga harus berusaha untuk mengumpulkan setidaknya satu atau dua kali makan bersama setiap minggu untuk membantu melindungi anak-anak dari permasalahan berat badan di kemudian hari.

4. Meningkatkan skill komunikasi

Kebiasaan makan yang sehat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran, melainkan juga dapat meningkatkan kemampuan anak untuk berinteraksi sosial dan berdiskusi tentang isu-isu terkini.

Pada saat momen makan bersama keluarga tercipta, anak pun memiliki kesempatan untuk menjadi komunikator yang lebih baik di tengah-tengah anggota keluarga yang lainnya.

5. Menjauhkan anak dari masalah cyberbullying

Survei terhadap hampir 19.000 siswa dalam penelitian yang diterbitkan di JAMA Pediatrics menemukan bahwa terdapat hubungan yang jelas antara cyberbullying dengan kecemasan, depresi, serta penyalahgunaan zat.

Namun, laporan menunjukkan bahwa remaja yang makan malam bersama keluarga setidaknya empat kali atau lebih setiap minggunya memiliki lebih sedikit masalah intimidasi termasuk cyberbullying.

Penulis penelitian tersebut mencatat bahwa kontak dengan keluarga yang dilakukan secara teratur dapat memfasilitasi lebih banyak bimbingan orang tua dan komunikasi terbuka antara anak-anak dengan orang tua mereka.

6. Meningkatkan self-esteem

Mendorong anak untuk menceritakan kegiatan mereka sepanjang hari dan mendengarkannya dengan penuh perhatian pada saat makan bersama keluarga akan menunjukkan kepada anak bahwa Anda menghargai dan menghormati keberadaan mereka. Dengan rutin menciptakan momen ini, besar kemungkinan self-esteem anak pun akan mengalami peningkatan.

Pastikan juga untuk mengizinkan anak memilih tempat duduk mereka sendiri dan mendorong mereka untuk melakukan tugas yang berhubungan dengan kegiatan makan bersama seperti mengatur peralatan makan, menyajikan makanan, atau membersihkan meja makan untuk melatih kemampuan membuat keputusan anak sekaligus menjadikan mereka semakin percaya diri.

Itulah 6 manfaat positif dari kegiatan makan bersama keluarga bagi anak-anak. Setelah mengetahuinya, yuk sempatkan waktu untuk makan bersama keluarga setiap hari!

Selanjutnya: Mau Bersantai dan Quality Time Bersama Anak? Ini Dia Ide Kegiatannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News