HOME, Santai

Ice Cream, Gelato, dan Sorbet, Apa Bedanya, Ya?

Ice Cream, Gelato, dan Sorbet, Apa Bedanya, Ya?

MOMSMONEY.ID - Dessert merupakan makanan wajib yang harus dicoba saat musim panas. Sebagai makanan penutup, desset yang manis dan legit pastinya harus dinikmati setelah

menyantap makanan yang berat. 

Salah satu dessert yang terkenal adalah ice cream. Makanan penutup beku ini memiliki banyak penggemar dari anak kecil hingga orang dewasa. Tentunya dengan rasa legit dan menyegarkan membuat ice cream dipilih untuk menemani musim panas.

Namun, tahukah Anda bahwa ice cream, gelato, dan sorbet adalah jenis dessert yang berbeda, lo. Yuk, cari tahu perbedaanya berikut ini.

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

Ice cream

Melansir dari halaman Real Simple, ice cream mengandung setidaknya 10% lemak susu yang menjadikannya bahan utama dalam pembuatan ice cream. Lemak susu yang terdapat pada ice cream merupakan lemak susu terbanyak dibanding dessert beku lainnya.

Tekstur ice cream ini lebih dominan dengan tekstur lembut dan fluffy yang diakibatkan dari adanya gelembung udara yang dibuat pada temperature tinggi untuk menghasilkan putaran angin. Sehingga terciptalah tekstur ice cream yang lembut dengan berbagai macam rasa yang enak.

Gelato

Gelato dalam bahasa Italia artinya adalah ice cream. Namun memiliki perbedaan dalam kandungan lemak susu. Gelato memiliki lemak susu yang lebih sedikit dibanding ice cream. Selain itu gelato juga memiliki gelembung udara lebih sedikit saat proses pembekuannya.

Baca Juga: Resep Lemon & Orange Squash yang Segarnya Hilangkan Dahaga

Laman Master Class menjelaskan bahwa gelato memiliki tekstur yang lebih creamy dan padat dibanding ice cream. Serta gelato disimpan pada suhu yang lebih tinggi daripada ice cream untuk menjaga tekstur padat dan creamy pada gelato.

Sorbet

Sorbet adalah jenis dessert yang dibuat dari buah-buahan yang telah dihaluskan. Cara mudah untuk membuat sorbet adalah dengan cara, menghaluskan buah-buahan dan  kemudian mencampurnya dengan pemanis seperti madu atau gula. Sorbet akan sangat cocok bagi Anda yang merupakan vegan.

Sorbet memiliki lemak yang lebih sedikit dibanding dessert beku lainnya karena tidak mengandung susu atau krim. Karena tidak adanya kandungan krim dalam sorbet membuat tekstur sorbet menjadi lebih ringan dengan rasa yang lebih menyegarkan dibanding ice cream dan gelato.

Selanjutnya: Produk Sustainable Untuk Ciptakan Rumah Eco-Friendly

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News