HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah leci atau Litchi chinensi adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah ini kaya akan kalori dan nutrisi yang baik untuk mencukupi kebutuhan energi dan gizi dalam tubuh, dikutip dari Healthline.

Buah yang tumbuh subur di negara beriklim tropis ini terkenal akan rasa manis yang menyegarkan. Selain dimakan langsung, buah leci mudah ditemui pada berbagai olahan menu leci dan produk makanan.

Jika Anda perhatikan, buah ini sekilas mirip dengan buah raspberry yang berwarna merah dengan kulit yang dipenuhi benjolan-benjolan kecil. Perbedaannya, buah raspberry bisa dinikmati langsung dengan kulitnya. 

Sementara leci perlu dikupas terlebih dahulu. Setelah dikupas, Anda akan melihat daging buahnya yang mirip dengan buah kelengkeng dengan biji di tengahnya.

Buah leci memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat mengonsumsi buah leci.

Baca Juga: 5 Makanan Ampuh Mengecilkan Perut Buncit untuk Perempuan

1. Mencegah penyakit kanker

Buah Leci bisa mencegah penyakit kanker. Hal ini diyakini karena buah leci mengandung flavonoid yang cukup tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid secara rutin, selain mampu menjaga kesehatan jantung, juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit kanker.

2. Baik untuk sistem pencernaan

Sayur dan buah memiliki banyak serat, termasuk buah leci. Kandungan serat penting untuk menjaga saluran pencernaan bekerja dengan lancar.

Nantinya, serat dari makanan akan masuk ke dalam usus dan menyerap air. Serat yang tidak tercerna pun membentuk massa yang akan memicu usus untuk bergerak mendorong kotoran keluar dari tubuh. Ini sebabnya, kotoran akan lebih mudah keluar.

Baca Juga: Gejala Penyakit Tuberculosis (TBC) yang Perlu Anda Waspadai

3. Menyehatkan jantung

Leci mengandung antioksidan, kalium, dan serat, yang baik untuk kesehatan jantung. Asupan tersebut diketahui bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL), menjaga tekanan darah tetap stabil, dan mengurangi risiko terbentuknya sumbatan atau plak pada pembuluh darah jantungnya.

4. Meningkatkan kepadatan tulang

Selain baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium yang terdapat pada buah leci juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan otot dan saraf. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti leci, juga diyakini mampu meningkatkan kepadatan tulang.

5. Menangkal efek radikal bebas

Selain vitamin C, buah leci kaya akan kandungan antioksidan lain, seperti polifenol. Kandungan ini memiliki peranan dalam menangkal efek radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti asma, alergi, diabetes, dan kanker.

Itulah berbagai manfaat buah leci. Walau memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, Moms sebaiknya tidak mengonsumsi leci terlalu banyak, ya. 

Selanjutnya: Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News