HOME, Keluarga

Ibadah Ramadan Makin Khusyuk, Berikut 4 Tips Menata Mushola di Rumah

Ibadah Ramadan Makin Khusyuk, Berikut 4 Tips Menata Mushola di Rumah

MOMSMONEY.ID - Selain berpuasa, bulan Ramadan juga identik dengan aktivitas ibadah lainnya, seperti sholat wajib dan sunnah, mengaji, berdzikir, dan lain-lain.

Untuk mengakomodasi kebutuhan ibadah tersebut, tak ada salahnya Anda menyiapkan mushola supaya bisa beribadah lebih khusyuk di bulan Ramadan.

Dengan suasana beribadah yang lebih khusyuk dan tenang di mushola, diharapkan ibadah yang Anda lakukan dapat menjadi berkah.

Nah, bagaimana caranya menata mushola yang tepat di rumah? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Sambut Ramadan, Yuk Hias Interior Rumah dengan Elemen Islami Berikut Ini!

Pilih lokasi yang tenang

Jika Anda belum memiliki mushola khusus, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan area atau lokasi yang tepat untuk dibuatkan mushola.

Melansir laman Gharpedia, Anda disarankan untuk memilih lokasi yang tenang di rumah. Artinya, lokasi ini sebaiknya terhindar dari lalu lintas dan keributan akibat aktivitas sehari-hari penghuni rumah.

Anda bisa menggunakan sudut ruangan yang kosong dan memberikan sekat untuk menciptakan privasi di mushola, atau memanfaatkan ruangan di rumah yang tidak terpakai.

Tambahkan beragam tempat penyimpanan

Karena digunakan untuk beribadah, mushola membutuhkan tempat penyimpanan untuk meletakkan alat-alat ibadah dengan rapi.

Misalnya, Anda dapat memasang atau meletakkan rak khusus untuk mukena, sarung, sajadah, dan Al-Qur’an. Selain itu, tambahkan juga wadah atau boks kecil untuk menyimpan barang-barang kecil seperti tasbih, peci, dan lain-lain.

Untuk menghemat tempat, Anda juga bisa memasang kait atau paku di dinding untuk menggantung mukena dan barang-barang lainnya.

Baca Juga: Cara Dekorasi Rumah dengan Warna Abu-Abu, Simpel dan Modern!

Pasang hiasan bernuansa Islami

Dilansir dari laman withaspin.com, Anda dapat menghias mushola dengan berbagai dekorasi atau hiasan dinding yang bernuansa Islami.

Ada banyak sekali jenis hiasan dinding yang bisa Anda pasang di mushola, seperti kaligrafi ayat Al-Qur’an, foto-foto atau gambar Ka’bah, atau hiasan lain yang tidak menggambarkan manusia atau hewan.

Sebagai catatan, sebaiknya pasang hiasan dinding tersebut di sisi yang berbeda dengan kiblat, misalnya pada dinding di sisi kanan atau kiri mushola. Hal ini akan membantu mengurangi distraksi ketika Anda sedang beribadah.

Baca Juga: Tak Perlu Budget Mahal, Ini Caranya Mendekorasi Rumah Supaya Terlihat Mewah

Gunakan warna-warna dan pencahayaan yang lembut

Terakhir, pertimbangkan juga warna-warna dan pencahayaan yang ada di mushola tersebut.

Dikutip dari laman Home Synchronize, penggunaan warna-warna dan pencahayaan yang lembut dapat membantu menimbulkan suasana tenang yang membuat aktivitas ibadah semakin nyaman.

Anda bisa menggunakan cat dinding berwarna pastel atau netral, dan menggunakan lampu dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang. Bahkan, jika memungkinkan, maksimalkan pencahayaan alami dari jendela.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menata mushola di rumah. Dengan mushola yang nyaman, ibadah pun akan semakin tenang.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News