Hindari Pakaian Ketat, Pahami 5 Penyebab Warna Kulit Ketiak Lebih Gelap

Sumber: Dove
Rabu, 17 November 2021 | 08:05 WIB
Hindari Pakaian Ketat, Pahami 5 Penyebab Warna Kulit Ketiak Lebih Gelap

ILUSTRASI. Hindari Pakaian Ketat, Pahami 5 Penyebab Warna Kulit Ketiak Lebih Gelap

MOMSMONEY.ID - Saat warna kulit ketiak menggelap bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Apalagi untuk Anda yang suka mengenakan pakaian lengan pendek. Tentunya, kulit ketiak ingin terlihat bersih dan cerah.

Namun, Anda terkadang masih suka bingung penyebab dari warna kulit ketiak yang selalu menggelap. Oleh karena itu, cari tahu penyebab warna kulit ketiak lebih gelap dilansir dari dove.com, yaitu:

1. Mencukur Ketiak Tidak Benar

Penyebab warna ketiak lebih yaitu ketika mencukur ketiak tidak benar. Anda harus mengetahui cara mencukur dengan tepat agar hasilnya tidak menyebabkan kulit ketiak tidak gelap. Gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Lalu, gunakan gel atau foam untuk memperlancar proses bercukur.

Kemudian, cukurlah bulu ketiak mengikuti arah tumbuhnya. Bila sudah selesai, jangan lupa mengoleskan produk pelembap khusus supaya kulit ketiak tetap sehat dan tidak mengalami iritasi. Hindari sampai iritasi yang dibiarkan begitu saja malah membuat kulit ketiak Anda makin gelap.

2. Tidak Melakukan Eksfoliasi 

Penyebab warna ketiak lebih gelap selanjutnya yaitu tidak melakukan eksfoliasi kulit ketiak. Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga warna kulit tidak menjadi kusam. Tumpukan sel-sel kulit mati pada permukaan ketiak memang bisa membuat ketiak tampak hitam.

Itulah sebabnya Anda harus rutin melakukan eksfoliasi setiap satu hingga dua minggu sekali. Ada berbagai bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk eksfoliasi, misalnya campuran gula pasir dan madu, bubuk kopi, oatmeal, dan baking soda. Lakukan eksfoliasi secara teratur mulai sekarang dan rasakan khasiatnya pada kulit ketiak Anda.

Baca Juga: Ini 5 Cara Supaya Microwave Awet Digunakan, Yuk Catat!

3. Sering Menggunakan Pakaian Ketat

Pakaian ketat juga bisa menyebabkan warna kulit ketiak lebih gelap. Pakaian ketat membuat kulit lebih rentan bergesekan sehingga warnanya jadi makin gelap.

Untuk menghilangkan ketiak dengan noda hitam, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan memakai pakaian ketat. Pakaian yang ukurannya lebih longgar akan membuat sirkulasi udara pada kulit jadi lebih lancar dan Anda pun terhindar dari risiko ketiak yang  menghitam.

4. Infeksi Bakteri

Penyebab warna kulit ketiak lebih gelap selanjutnya adalah infeksi bakteri. Bakteri Corynebacterium minutissimum juga dapat menjadi penyebab noda ketiak hitam. Bakteri tersebut gampang berkembang biak pada kondisi lingkungan yang lembap.

Tubuh yang berkeringat secara berlebihan dan jarang dibersihkan dapat menjadi habitat yang tepat bagi Corynebacterium minutissimum. Sehingga Anda harus rajin membersihkan tubuh khusunya ketiak agar terhindar dari kontaminasi bakteri tersebut.

5. Acanthosis Nigricans

Penyebab warna ketiak lebih gelap lainnya yaitu Acanthosis Nigricans. Kondisi dimana terjadi penebalan dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Biasanya acanthosis nigricans terjadi pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti leher, ketiak, pangkal paha, wajah, dan perut. 

Faktor pencetusnya bisa bermacam-macam, antara lain kelebihan berat badan atau obesitas, diabetes melitus tipe 2, gangguan hormon yang menyebabkan sejumlah penyakit seperti gangguan tiroid, sindrom cushing, dan sindrom ovarium polikistik (PCOS) serta efek samping obat-obatan yang mempengaruhi sekresi hormon, misalnya pil KB dan kortikosteroi.

Selanjutnya: Wall Street berseri karena optimisme sektor ritel, Dow naik lebih dari 100 poin

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru