HOME, Bugar

Inilah 4 Manfaat Santan untuk Wajah, Membuat Kulit Sehat dan Kenyal

Inilah 4 Manfaat Santan untuk Wajah, Membuat Kulit Sehat dan Kenyal

MOMSMONEY.ID - Santan menjadi salah satu bahan masakan yang sangat enak dan gurih. Walaupun santan cukup berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, masih banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari santan kepala ini, salah satunya untuk wajah.

Sudah cukup banyak produk skincare yang menggunakan santan sebagai bahan alami produk-produk kecantikan. Melansir dari cleanandclear.co.id, inilah manfaat santan untuk wajah yang harus Anda tahu, yaitu: 

1. Membuat Kulit Sehat dan Kenyal

Manfaat santan untuk wajah yaitu bisa membuat kulit sehat dan kenyal. Tidak selamanya santan buruk, ternyata santan mengandung vitamin C yang baik untuk kulit.

Vitamin C dalam santan bisa menjadikan kulit Anda lebih elastis sehingga memperlambat proses penuaan kulit. Selain jadi pelembap wajah yang alami, santan dapat membantu Anda mendapatkan kembali kulit yang kenyal dan elastis.

2. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat santan untuk wajah selanjutnya adalah melembabkan kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan santan memiliki kandungan asam lemak baik yang dapat membantu Anda mengobati kulit kering dan iritasi, serta menangkal bakteri dari permukaan kulit wajah Anda.

Baca Juga: Makanan Ini Membuat Kulit Awet Muda, Karena Kandungan Astaxanthin

3. Membersihkan Kotoran Penyumbat Pori-Pori

Selanjutnya, manfaat santan untuk wajah yaitu mampu membersihkan kotoran penyumbat pori-pori. Biasanya, munculnya komedo disebabkan oleh adanya kotoran yang menyumbat pori-pori di wajah.

Sehingga, Anda harus rutin melakukan scrub pada wajah setiap 1-2x dalam seminggu. Melakukan perawatan scrub dari santan ternyata cukup efektif untuk membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan kulit mati. 

4. Menjadi Makeup Remover

Manfaat santan untuk wajah lainnya adalah menjadi makeup remover. Uniknya, santan bisa digunakan sebagai pembersih makeup jika dipadukan dengan minyak kelapa.

Jadi, sebelum mencuci wajah, Anda bisa mencampur minyak kelapa dan santan dengan rasio 1:2. Kemudian, langsung tuangkan racikan tersebut di kapas untuk menghapus makeup Anda. Tidak hanya membersihkan hingga bersih, racikan tersebut juga tergolong alami sehingga dapat meminimalisir terjadinya alergi maupun iritasi.

Selanjutnya: Kenali Manfaat Holy Herb, Tanaman Herbal Merawat Kecantikan Kulit Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News