HOME, Keluarga

Hati-Hati, Jangan Bersihkan 8 Benda Ini dengan Vacuum Cleaner

Hati-Hati, Jangan Bersihkan 8 Benda Ini dengan Vacuum Cleaner

MOMSMONEY.ID - Vacuum cleaner adalah salah satu alat rumah tangga yang sangat membantu menjaga kebersihan rumah. Hanya dengan mencolokkan kabel ke listrik dan menekan tombol-tombol tertentu, Anda bisa membersihkan debu di seluruh penjuru rumah dengan mudah.

Namun, kemudahan tersebut juga harus diimbangi dengan kepintaran penggunanya dalam menggunakan vacuum cleaner. Pasalnya, vacuum cleaner harus digunakan dengan cermat dan hati-hati supaya tidak mudah rusak dan tahan lama.

Selain merawat dan membersihkan bagian-bagian vacuum cleaner secara rutin, ternyata jenis benda yang disedot oleh vacuum cleaner berpengaruh pada tingkat ketahanan alat ini. Ada beberapa jenis benda tertentu yang dapat merusak dan menghambat kinerja vacuum cleaner apabila tidak sengaja tersedot.

Penasaran apa saja benda-benda tersebut? Dilansir dari Reader’s Digest dan Family Handyman, berikut benda-benda yang tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner.

Baca Juga: 5 Inspirasi Lampu Tidur Unik yang Bikin Istirahat Makin Berkualitas

Makanan basah

Makanan basah yang tersedot ke dalam vacuum cleaner bisa menyumbat lubang-lubang di dalam vacuum cleaner dan merusak mesin sehingga menghambat kinerjanya. Selain itu, makanan basah bisa basi dan menimbulkan bau tidak sedap.

Daun dan bunga kering

Daun dan bunga kering memiliki partikel yang cukup besar sehingga dapat menyumbat vacuum cleaner. Tidak perlu menggunakan vacuum cleaner, Anda cukup membersihkan daun dan bunga kering dengan sapu atau ambil secara manual dengan tangan.

Tanah

Tanah yang tersedot ke dalam vacuum cleaner berisiko merusak mesin di dalamnya. Selain itu, tanah yang masih basah bisa mengotori vacuum cleaner dan justru membuat kotor permukaan yang sedang dibersihkan.

Cairan

Semua jenis cairan tidak boleh dibersihkan dengan vacuum cleaner. Pasalnya, cairan yang tersedot ke dalam vacuum cleaner bisa menyetrum penggunanya dan merusak bagian dalam mesin vacuum cleaner. Cukup bersihkan cairan yang tumpah dengan lap dan biarkan hingga kering.

Baca Juga: Ide Penggunaan Warna Kuning di Dapur, Bikin Cerah dan Ceria!

Rambut dan bulu (dalam jumlah besar)

Rambut dan bulu yang tersedot dalam jumlah besar bisa tersumbat di dalam vacuum cleaner dan menghambat kinerjanya. Sebaiknya, Anda membersihkan rambut dan bulu secara manual terlebih dahulu, baru gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisanya.

Koin dan mainan kecil

Koin dan mainan kecil seperti balok plastik bisa patah dan merusak bagian dalam vacuum cleaner jika tersedot. Jadi, sebelum menggunakan vacuum cleaner, periksa dulu permukaan lantai supaya benda-benda kecil tersebut terhindar dari sedotan vacuum cleaner.

Kabel

Sebelum menggunakan vacuum cleaner, Anda juga perlu memastikan permukaan yang akan Anda bersihkan aman dari kabel. Pasalnya, kabel yang tidak sengaja tersedot berisiko tinggi menyetrum Anda, apalagi jika kabelnya terkelupas.

Pecahan kaca

Untuk membersihkan pecahan kaca, jangan gunakan vacuum cleaner. Pecahan-pecahan kaca yang tajam bisa merusak bagian dalam vacuum cleaner, mulai dari kantong debu hingga mesinnya. Cukup bersihkan secara manual dengan sapu.

Selanjutnya: Rekomendasi 6 Motif Wallpaper yang Populer, Bikin Interior Rumah Makin Trendi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News