HOME, Keluarga

Ide Penggunaan Warna Kuning di Dapur, Bikin Cerah dan Ceria!

Ide Penggunaan Warna Kuning di Dapur, Bikin Cerah dan Ceria!

MOMSMONEY.ID - Warna kuning sudah lama populer sebagai warna cat dinding untuk interior dan eksterior rumah. Warna ini identik dengan kesan cerah dan ceria khas matahari.

Dilansir dari Escoffier Online, warna kuning dianggap dapat membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga warna ini banyak digunakan pada area rumah seperti dapur. Selain itu, penggunaan warna kuning juga dapat membuat dapur terasa cerah dan lapang.

Penasaran dengan penggunaan warna kuning pada dapur? Yuk, tengok beberapa contoh dapur di bawah ini. Siapa tahu, ada satu atau dua ide yang bisa Anda terapkan pada dapur di rumah!

Baca Juga: Interior Rumah Makin Menawan, Ini Kombinasi Warna yang Cocok dengan Warna Biru

Warna kuning yang simpel

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Stefanie Kuhn (@steffikhn)

Salah satu cara tersimpel untuk menggunakan warna kuning pada dapur adalah dengan mengecat dinding dapur dengan warna ini. Contohnya seperti dapur di atas, yang menggunakan warna kuning pada dindingnya supaya suasana dapur terlihat hidup.

Agar dapur tidak terasa terlalu “panas”, Anda bisa menggunakan warna kuning pada setengah bagian dinding dapur. Lalu, netralkan dengan warna putih pada setengah bagian yang lainnya. Gunakan furnitur dapur dengan warna putih dan coklat yang netral dan terlihat cantik dengan warna kuning.

Perpaduan elemen yang hangat

Warna kuning memang identik dengan kesan hangat yang cocok dengan dapur. Untuk menambah kesan hangat tersebut, Anda bisa menambahkan elemen dengan warna hangat lainnya, misalnya furnitur atau pernak-pernik berbahan kayu warna coklat.

Supaya tidak terlalu mencolok, dapur di atas menggunakan warna kuning tua yang sedikit kalem pada lemari dan kabinetnya. Kemudian, kesan hangat diperkuat dengan keberadaan warna coklat tua pada kursi, rak, dan permukaan meja. Untuk menyeimbangkannya, warna putih dan coklat pucat digunakan pada dinding, plafon, dan lantai dapur.

Baca Juga: Inspirasi Desain Tempat Tidur Tingkat Minimalis yang Simpel dan Nyaman

Penarik perhatian di dapur

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TEMZA (@temzalondon)

Penggunaan warna-warna netral seperti putih dan abu-abu di dapur memang bisa terlihat membosankan. Untuk menghidupkan suasana dapur tanpa terlihat berlebihan, coba gunakan warna yang mencolok pada keramik dinding dapur.

Contohnya seperti dapur di atas, yang menggunakan keramik berwarna kuning pada bagian dinding atau backsplash dapur. Cukup gunakan keramik dengan motif simpel supaya dapur tetap terlihat minimalis. Perpaduan antara warna kuning, putih, dan abu-abu pun menciptakan kontras yang menarik perhatian.

Kombinasi warna yang eyecatching

Supaya dapur terlihat menarik, jangan takut untuk mengombinasikan warna kuning dengan warna yang terlihat kontras, misalnya warna biru kehijauan seperti dapur di atas.

Warna biru dan kuning memang bertolak belakang, namun perpaduan keduanya dapat menghasilkan interior ruangan yang menarik. Pilihlah warna kuning cerah dan biru gelap supaya kontras warnanya terlihat cantik. Seimbangkan kedua warna tersebut dengan warna netral seperti putih dan coklat.

Selanjutnya: Bikin Betah, Berikut 3 Inspirasi Dekorasi Apartemen Studio yang Minimalis dan Cozy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News