Keluarga

Hati-hati Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membangun Rumah Impian Pertama

Hati-hati Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membangun Rumah Impian Pertama

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda memiliki rencana membangun rumah impian untuk pertama kalinya? Jika iya, Anda perlu berhati-hati karena biasanya saat pertama kali membangun rumah impian, banyak kesalahan yang dilakukan. 

Untuk menghindari melakukan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam membangun rumah pertama kali, sebaiknya Anda menyimak beberapa kesalahan yang akan diungkap di bawah ini. 

Baca Juga: Menurut Ahli, Ini 5 Teh Terbaik untuk Membantu Mengurangi Kram Menstruasi

Melansir Brighton Homes beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat baru pertama kali membangun rumah adalah tidak melakukan riset terlebih dahulu. Berikut penjelasannya. 

1. Tidak melakukan riset yang cukup

Saat pertama kali membangun rumah impian, Anda akan menemukan banyak sekali faktor yang bisa saja membingungkan. Apalagi jika Anda tak melakukan cukup riset. Biasanya jika tak banyak melakukan riset, rencana pembangunan rumah akan banyak berubah di tengah jalan dan tentunya menambah biaya yang perlu dikeluarkan. 

Untuk itu, Anda perlu melakukan riset dari setiap tahapan saat membangun rumah. Mulai dari lokasi hingga pemilihan jasa untuk membangun rumah. Riset yang matang akan membuat Anda mengambil keputusan yang tepat jika menemui masalah dalam proses membangun rumah. 

2. Gagal menentukan anggaran

Membangun rumah tentu membutuhkan biaya yang lebih besar. Tentunya biaya ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lokasi, desain rumah dan tipe proyek yang akan dikerjakan. Lakukan secara detail anggaran yang akan dikeluarkan. Perhatikan juga untuk menyiapkan dana darurat jika perlu ada tambahan saat proses membangun. Jika memerlukan pinjaman, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya. 

3. Terlalu cepat memilih lokasi

Saat pertama kali akan membangun rumah, biasanya muncul perasaan tidak sabar. Inilah yang membuat Anda seringkali terjebak untuk terlalu cepat memilih satu lokasi. 

Dalam merencanakan membangun rumah pertama kalinya, ada baiknya Anda mengunjungi lokasi tersebut. Kemudian ukur jarak menuju fasilitas umum seperti akses ke jalan besar, puskesmas, sekolah, hingga pusat belanja. Periksa juga kondisi tanahnya. Proses ini dapat membantu Anda tak kehilangan peluang saat harus menjual rumah tersebut kembali. 

4. Tidak berhati-hati dalam membuat tata letak rumah

Anda tentu ingin membuat rumah yang sesuai dengan keinginan Anda dan nyaman bagi Anda. Namun Anda membutuhkan pertimbangan matang dalam hal ini. Perhatikan kebutuhan Anda saat ini dan masa mendatang. Jika rumah pertama yang Anda bangun ini akan jadi rumah utama Anda, pertimbangkan juga dengan kebutuhan masa depan seperti rencana memiliki berapa anak, hingga memperhatikan kebutuhan ruang kerja. 

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mengatasi Atap Bocor

5. Salah memilih kontraktor bangunan

Kesalahan ini biasanya terjadi karena Anda tak banyak melakukan riset kontraktor yang paling bisa memenuhi kebutuhan Anda. Ada baiknya Anda melakukan perbandingan dari banyak kontraktor yang ada di kota Anda. 

Pilih kontraktor yang terpercaya, komunikatif, memiliki keuangan yang kuat dan relasi dengan suplier yang kuat. Meski Anda perlu mengeluarkan biaya yang agak mahal, setidaknya ini mengurangi stress Anda saat pertama kali membangun rumah impian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News