Keluarga

Menurut Ahli, Ini 5 Teh Terbaik untuk Membantu Mengurangi Kram Menstruasi

Menurut Ahli, Ini 5 Teh Terbaik untuk Membantu Mengurangi Kram Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 teh terbaik untuk membantu mengurangi kram menstruasi menurut ahli. Tertarik mencoba?

Kram menstruasi terjadi ketika rahim berkontraksi sambil melepaskan lapisan rahim atau endometrium. Biasanya, kram menstruasi disebabkan oleh reaksi peradangan dari pelepasan lapisan rahim. Faktor lain yang dapat memicu kram menstruasi adalah kondisi endometriosis, usia, kadar hormon, fibroid rahim, dan kista ovarium.

Untuk membantu mengurangi kram menstruasi, Anda tidak hanya bisa menggunakan heating pad atau minum obat anti-inflamasi nonsteroid. Anda juga bisa menyesap teh hangat yang terbukti mampu mengurangi kram menstruasi.

Menurut ahli, ada 5 teh terbaik untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi. Dilansir dari Prevention, berikut 5 teh tersebut.

Baca Juga: Sederet Manfaat Diet Buah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencoba

1. Teh jahe

Teh jahe

Jahe mengandung zat gingerol dan shogaol yang kaya akan sifat anti-inflamasi serta penghilang rasa sakit. Sebuah tinjauan yang diterbitkan di Phytotherapy Research meneliti penggunaan jahe untuk menghilangkan rasa sakit dalam uji coba terkontrol secara acak. Hasilnya, jahe secara signifikan mengurangi rasa sakit dan peradangan ketika dikonsumsi secara oral.

Berkaitan dengan menstruasi, ulasan yang diterbitkan di Pain Medications meneliti tingkat nyeri pada wanita yang mengonsumsi 750-2000 miligram bubuk jahe selama 3-4 hari pertama menstruasi. Dan, ditemukan bahwa jahe berhasil meringankan rasa sakit mereka akibat menstruasi. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyeruput teh jahe saat menstruasi guna membantu meredakan kram perut yang menyakitkan.

2. Teh chamomile

Teh Chamomile

Selain mampu menenangkan dan memudahkan untuk tidur, teh chamomile juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik yang dapat meringankan kram menstruasi, menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacupuncture. Secara khusus, penelitian yang diterbitkan dalam Internal Journal of Molecular Medicine menemukan bahwa teh chamomile mampu menghambat produksi oksida nitrat atau molekul sinyal yang memainkan peran kunci dalam patofisiologi peradangan.

Studi lain yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology, and Infertility menunjukkan bahwa wanita yang minum 2 cangkir teh chamomile setiap hari selama 1 minggu menjelang menstruasi dan 5 hari pertama mensturasi selama 3 bulan mengalami pengurangan rasa sakit akibat kram menstruasi.

3. Teh fennel

Teh adas

Teh fennel atau teh adas adalah pilihan bagus lainnya untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi. Dikemas dengan antioksidan yang kuat seperti vitamin C dan quercetin, teh adas dapat membantu mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan di Ayu meneliti tingkat nyeri pada 60 gadis yang mengalami dismenore atau nyeri haid setelah mereka mengonsumsi 30 miligram ekstrak fennel sebanyak 4 kali sehari selama 3 hari pada awal siklus menstruasi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa gadis yang mengonsumsi fennel mengalami penurunan rasa sakit yang signifikan.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Sunscreen Powder yang Layak Anda Coba, Aman Buat Touch Up

4. Teh kayu manis

Teh daun salam dan kayu manis

Kayu manis telah digunakan selama berabad-abad sebagai agen penyembuhan alami. Kayu manis memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-jamur yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kadar gula darah, serta mengurangi nyeri haid.

Ulasan yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa kayu manis dapat membantu mengurangi peradangan dan kembung yang berhubungan dengan menstruasi. Studi kecil lainnya yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Obstetrics, Gynecology, and Infertility menemukan bahwa 76 anak perempuan dengan dismenore yang mengonsumsi 420 miligram atau 3 kapsul kayu manis dalam sehari mengalami pengurangan nyeri haid dan pendarahan secara signifikan.

5. Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan kembali energi yang menurun selama menstruasi. Sembari meningkatkan energi, teh hijau akan sekaligus membantu meringankan kram menstruasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di BMJ menemukan bahwa anak perempuan yang minum teh hijau secara teratur mengalami kembung dan kram menstruasi yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum teh hijau sama sekali. Ini mungkin karena teh hijau penuh dengan senyawa flavonoid, antioksidan, dan anti-inflamasi. Teh hijau juga mengandung L-theanine atau asam amino yang bermanfaat untuk meningkatkan dopamin, mengurangi kecemasan, dan mengatasi perubahan suasana hati akibat periode menstruasi.

Itulah 5 teh terbaik untuk membantu mengurangi kram menstruasi menurut ahli. Yuk, seduh sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News