Keluarga

Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mengatasi Atap Bocor

Musim Hujan Tiba, Begini Cara Mengatasi Atap Bocor

MOMSMONEY.ID - Atap bocor merupakan masalah umum yang sering ditemui di rumah. Biasanya saat musim panas, kita semua tak menyadari ada kebocoran pada atap. Namun saat musim hujan, rembes pada atap justru menjadi malapetaka bagi kita. Tapi tenang saja, Anda masih bisa mengatasi masalah atap bocor sesegara mungkin. 

Saat Anda mengetahui ada kebocoran pada atap, Anda perlu segera mengatasinya. Sebab jika tidak, kebocoran pada atap membuat bagian tersebut akan terkikis air dan menyebabkan terjadinya pengeroposan yang bisa membahayakan seisi rumah. 

Baca Juga: Promo PegiPegi Salecation sampai 24 Oktober 2022, Diskon Tiket Kereta Rp 35.000

Lalu bagaimana cara mengatasi atap rumah yang bocor? Melansir Aqua Proof,  Oci International dan Ray White, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi atap yang bocor. 

1. Melakukan pemeriksaan secara rutin

Sebaiknya Anda memahami titik-titik yang rawan bocor atau pun tanda-tanda terjadi kebocoran saat Anda ingin mengatasi kebocoran atap. Adapun titik yang biasanya rawan bocor adalah lokasi di mana terdapat pipa saluran air. Serta bagian sudut rumah yang merupakan sambungan antar bagian. 

Kemudian tanda-tanda suatu titik bocor adalah ditemukannya noda kuning bekas air menggenang. Jika Anda menemukan tanda ini di langit-langit maka kemungkinan ada lubang pada atap yang perlu Anda perbaiki. Bisa juga atap Anda sedang kotor, sehingga menyebabkan air menggenang dan menyebabkan kebocoran. 

Anda perlu melakukan pemeriksaan dengan naik ke atap rumah Anda. Bawalah senter untuk mengidentifikasi lubang, atau bawa selang dan salurkan air untuk mengetahui lubang kebocoran yang sulit terlihat dengan senter. Lakukan di saat atap Anda kering. 

2. Bersihkan secara rutin atap rumah Anda

Jika penyebabnya adalah atap rumah yang kotor, cara mengatasi atap bocor ini adalah membersihkan atap rumah Anda. Apalagi jika banyak pohon besar di halaman rumah Anda. Dapat dipastikan atap rumah Anda sering kotor dan menyebabkan genangan air. Anda bisa rutin membersihkan atap secara rutin dua bulan sekali. 

3. Tampung air

Pertolongan pertama mengatasi kebocoran atap di saat hujan deras adalah menampung air yang bocor. Letakkan ember untuk menampung air yang bocor. Lakukan ini untuk menghindari kerusakan pada furnitur dan menjaga keselamatan anggota keluarga dari genangan air yang licin.

4. Gunakan sealant pada kebocoran di sambungan atap dengan dinding

Anda tentu bertanya apa itu sealant? Melansir Mapei, sealant adalah zat sejenis segel mekanis berbentuk pasta atau cairan kental. Biasanya digunakan untuk mengisi retakan pada permukaan bangunan untuk memblokir cairan, debu, transmisi panas maupun suara. 

Anda dapat dengan mudah menemukan sealant berbagai merek seperti Oci International maupun Mapei. Untuk mengaplikasikan sealant Anda perlu mengeringkan permukaan atap, kemudian tutup permukaan sekitarnya dengan masking tape. Isi celah yang ada lalu segera buka masking tape dan keringkan selama 24 jam. 

Baca Juga: Mau Dekorasi Ulang Rumah? Yuk, Pakai Warna Cat Rumah Terbaru 2023

5. Gunakan cat pelapis anti bocor pada atap seng, asbes atau dak

Anda perlu mengecek bagian atap atau dinding yang memiliki bercak kuning atau cat yang terkelupas. Kalau ada lapisi dengan cat pelapis anti bocor. Penggunaannya tidak perlu menggunakan air. 

Bersihkan permukaanyang hendak dilapisi cat dengan air atau air sabun untuk menghilangkan debu karat minyak jamur dan kotoran lainnya. Keringkan lapisi primer hasil campuran super cement dan semen dengan perbandingan volume 1:1,25 tunggu kering. Lapisi dengan cat anti bocor menggunakan kuas, rol atau airless spray untuk bidang yang luas. 

Cat anti bocor untuk mengatasi atap bocor dapat dengan mudah Anda temukan. Misalnya produk dari Aquaproof, Oci International atau No Drop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News