CLOSE [X]
ads

Hal-Hal Umum Ini, Ternyata Ditakuti oleh Anjing

Sumber: The Spruce Pets
Minggu, 29 Mei 2022 | 17:35 WIB
Hal-Hal Umum Ini, Ternyata Ditakuti oleh Anjing


MOMSMONEY.ID - Hewan anjing yang dianggap hewan pemberani, faktanya memiliki ketakutan terhadap hal-hal tertentu juga. Meskipun ketakutan hewan peliharaan ini patut dikhawatirkan, tetapi penting juga untuk mengetahui bahwa dalam hal sifat, ketakutan adalah emosi yang sehat.

Ketakutan merupakan perilaku adaptif yang membantu hewan tetap hidup di alam liar dengan menjauhkan diri mereka dari bahaya. Naluri untuk tetap waspada ini juga dirasakan oleh anjing yang tinggal di dalam rumah.

Baca Juga: Apakah Aman Memberikan Betadine untuk Mengobati Luka Kucing? Simak Penjelasannya!

Sementara itu, untuk anjing, ada hal-hal umum yang biasanya ditakuti oleh mereka. Ketakutan terhadap hal-hal tersebut dapat terjadi karena susunan genetik anjing, pengalaman awal, lingkungan, dan kehidupan sehari-hari yang memengaruhi temperamen mereka. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut 5 hal umum yang ditakuti oleh anjing.

Suara Keras

Fobia anjing paling umum adalah terhadap suara-suara keras, seperti kembang api, petir, atau sirine mobil. Tingkat ketakutan ini dapat berbeda dari anjing ke anjing. Beberapa mungkin hanya memiliki sedikit ketakutan, sedangkan lainnya bisa sedikit gemetar.

Anjing yang memiliki fobia suara keras lebih parah mungkin akan membuat mereka bersembunyi, menjadi destruktif, dan bahkan kehilangan kendali atas usus atau kandung kemihnya. Meski hal ini dapat diatasi dengan pengobatan, Anda perlu bersabar melewati prosesnya. Anjing mungkin juga membutuhkan obat penenang.

Ditinggal Sendirian

Rasa takut ditinggal sendirian di rumah disebut sebagai kecemasan perpisahan. Anjing yang menderita kecemasan perpisahan cenderung menunjukkan perilaku destruktif segera setelah pemiliknya meninggalkan rumah. Gejalanya seperti menggonggong berlebihan dan berbagai macam kecelakaan di rumah.

Cara mengatasi kecemasan anjing ini, anjing perlu dilatih agar terbiasa. Misalnya, desensitisasi, yakni proses membiasakan anjing secara perlahan untuk ditinggalkan sendirian di rumah untuk meredakan derita kecemasan perpisahan.

Orang Asing

Ketakutan pada orang asing terjadi karena anjing tidak mengenal seseorang itu. Anjing mungkin kesulitan menentukkan apakah seseorang itu baik atau jahat untuknya. Dalam beberapa kasus, ini mungkin juga terjadi karena pengalaman buruk anjing terhadap orang asing dan kurangnya sosialisasi selain dengan pemiliknya.

Ini bisa menjadi masalah yang sulit diatasi karena anjing tidak memiliki rasa percaya terhadap orang lain. Maka, penting untuk membiarkan anjing Anda mendekati orang baru pada waktunya sendiri. Sebab, memaksanya untuk mendekati orang baru hanya akan membuat anjing menjadi agresif.

Baca Juga: Ini 4 Penyebab Kucing Mengalami Bersin-Bersin

Hewan Asing

Selain terhadap orang asing, anjing juga bisa mengalami ketakutan dengan anjing lain. Sebab, tidak semua anjing ingin berteman dengan anjing lainnya. Bisa jadi ini karena anjing tidak terbiasa untuk bertemu dengan teman-teman sejenisnya. Dia akan merasa kewelahan ketika berhadapan dengan teman anjing lainnya.

Objek Tertentu

Beberapa anjing mengembangkan rasa takut terhadap objek tertentu. Misalnya, seperti penyedot debu, dekorasi hiburan, mainan anak, peralatan konstruksi, dan sebagainya. Ketakutan ini memang bukan masalah besar anjing, tetapi dapat menjadi masalah bila terus dibiarkan. Kekhawatiran dan kecemasan anjing terhadap benda-benda bisa menjadi parah. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu memperkenalkan anjing Anda secara perlahan ke objek yang ditakutinya dengan cara yang positif dan menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER