CLOSE [X]
ads

Ini 4 Penyebab Kucing Mengalami Bersin-Bersin

Sumber: Rawz,The Spruce Pets
Rabu, 25 Mei 2022 | 15:09 WIB
Ini 4 Penyebab Kucing Mengalami Bersin-Bersin

ILUSTRASI. Ini 4 Penyebab Kucing Mengalami Bersin-Bersin


MOMSMONEY.ID - Bersin sesekali bukanlah masalah serius bagi kucing. Kemungkinan terjadinya karena reaksi kecil terhadap debu atau bulu yang menggelitik hidungnya.

Namun, bila bersin-bersin kerap terjadi hingga kucing mengeluarkan cairan dari hidung, Anda perlu bersikap waspada.

Terutama bila disertai dengan kondisi tak normal lainnya pada kucing, seperti kelesuan dan kurang nafsu makan.

Ada alasan berbeda kenapa kucing mengalami bersih-bersih. Ini biasanya menjadi pertanda suatu penyakit, alergi, atau sesuatu tersangkut di hidungnya. Untuk mencari tahu lebih jauh, dilansir dari The Spruce Pets, berikut 4 penyebabnya.

Baca Juga: Ketahui Perkembangan Tubuh Kelinci Menurut Usianya

Alergi

Kucing dan anak kucing dapat memiliki alergi. Alergi inilah yang memicu mereka bersin-bersin sebagai reaksinya. Pemicu alergi ini dapat berupa jamur, debu, parfum, asap, pestisida, dan aroma bahan pembersih rumah tangga.

Kemungkinan bersin-bersin ini bereaksi ketika Anda mendekatkan kucing dengan hal-hal tersebut. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menjauhkan kucing dari hal-hal tersebut untuk mengurangi reaksi dan tidak menggunakannya di tempat-tempat kucing biasa berada.

Penyakit Pernapasan Atas

Bila bersin-bersin disertai dengan gejala lain seperti lesu, kurang nafsu makan, keluarnya cairan dari mata atau hidung, batuk, serta kesulitan nafas, bisa jadi merupakan tanda adanya infeksi saluran pernapasan atas (URI) pada kucing.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, atau kontak jamur. Jika ini terjadi pada kucing Anda, penting untuk segera memeriksakannya ke dokter hewan.

Penyakit saluran nafas atas sering kali sangat menular dari satu kucing ke kucing lainnya.

Baca Juga: Apakah Aman Memberikan Betadine untuk Mengobati Luka Kucing? Simak Penjelasannya!

Masalah Peradangan

Rhinitis dan sinusitis adalah kondisi peradangan yang dapat menjadi komplikasi dari URI. Dilansir dari Rawz, rhinitis adalah peradangan pada selaput lendir hidung, sedangkan sinusitis adalah peradangan pada sinus. Kedua kondisi ini akan menyebabkan kucing sering bersin dan mengeluarkan cairan dari hidungnya.

Penyumbatan Hidung

Hidung kucing yang kotor atau kotoran yang masuk ke dalam hidungnya akan tersangkut di saluran nafasnya. B

ersin biasanya akan terjadi untuk membantu mengeluarkan partikel tersebut, tetapi bila kotoran tersebut terus menempel dan tidak hilang meski kucing telah bersin, ini akan menyebabkan infeksi di hidung. Maka, penting untuk selalu mengecek kebersihan hidung kucing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru
TOPIK TERPOPULER