HOME, Keluarga

Hadirkan Rezeki dan Energi Baik, Ini 4 Tips Menata Ruang Tamu ala Feng Shui

Hadirkan Rezeki dan Energi Baik, Ini 4 Tips Menata Ruang Tamu ala Feng Shui

MOMSMONEY.ID - Ruang tamu merupakan salah satu area pertama yang dilihat seseorang saat memasuki suatu rumah. Jadi, wajar jika ruang tamu perlu ditata sebaik mungkin.

Tak hanya untuk terlihat cantik, penataan ruang tamu yang tepat juga dipercaya dapat memberikan suasana yang hidup dan menarik energi positif. Hal inilah yang diyakini dalam ilmu feng shui.

Jadi, dengan menerapkan feng shui ke interior ruang tamu Anda, diharapkan semua energi positif, keberuntungan, hingga rezeki dapat masuk ke rumah.

Baca Juga: Berkesan Segar dan Kalem, Ini Tips Dekorasi Rumah untuk Zodiak Pisces

Bagaimana cara menata ruang tamu berdasarkan feng shui? Berikut penjelasannya.

Optimalkan pencahayaan di ruang tamu

Dilansir dari Rukita, Anda dapat memaksimalkan pencahayaan ruang tamu di pagi hari dengan membuka pintu dan jendela di ruangan tersebut, minimal selama 30 menit

Menurut feng shui, hal tersebut tak hanya bertujuan untuk memaksimalkan pencahayaan saja, melainkan untuk menarik energi positif ke dalam rumah. Udara pagi yang masuk ke rumah dipercaya memiliki sifat yang (positif) dan penuh dengan energi chi, sehingga bisa mendatangkan rezeki.

Sebaliknya, udara malam memiliki sifat yin atau negatif sehingga tidak disarankan untuk membuka pintu dan jendela. Jadi, untuk mengoptimalkan pencahayaan di ruang tamu saat malam hari, manfaatkan lampu-lampu di rumah Anda.

Tambahkan dekorasi patung dan guci

Mengutip Homify, patung dan guci adalah lambang kemakmuran dalam feng shui. Jadi, dengan menambahkan dua barang tersebut, diharapkan kemakmuran akan datang ke dalam rumah melalui ruang tamu.

Anda bisa menggunakan guci berbentuk angka 8 yang melambangkan harapan akan rezeki baik. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan batu kristal untuk mengatasi energi negatif serta menggunakan pohon jeruk untuk melambangkan kebaikan dan kemakmuran.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Makan ala Feng Shui, Makan Bersama Makin Menyenangkan

Optimalkan sisi emas ruang tamu

Menurut feng shui, ruang tamu memiliki sisi emas, yaitu di sisi seberang pintu masuk ruang tamu secara diagonal. Artinya, jika pintu masuk ada di kanan, maka sisi emasnya di seberang kirinya. Jika pintu ada di tengah, maka sisi emas berada di kanan dan kiri dinding yang berseberangan dengan pintu.

Untuk mengoptimalkan sisi emas ini, Anda bisa menghiasnya dengan lukisan yang dapat menghadirkan energi positif dan memiliki unsur kemakmuran, keberuntungan, dan harapan. Anda bisa menggunakan lukisan bergambar kuda lari, bangau, pemandangan gunung dengan sawah, dan 9 ikan koi.

Baca Juga: 4 Tips Dekorasi Rumah di Tahun Macan Air, Bawa Hoki di Tahun Baru!

Pilih furnitur yang nyaman

Selain penggunaan dekorasi, furnitur di dalam ruang tamu juga berperan penting dalam feng shui. Pada dasarnya, pilihlah furnitur yang terlihat nyaman, misalnya sofa empuk dan kursi untuk satu orang.

Sementara itu, Anda dapat menggunakan meja tamu yang berbentuk persegi panjang atau persegi. Sebab, bentuk meja tamu seperti ini dipercaya dapat menghadirkan energi chi dan memancing keberuntungan datang.

Itulah beberapa tips untuk menata ruang tamu berdasarkan feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News