Santai

Fans Kpop Gerakkan Pelestarian Lingkungan

Fans Kpop Gerakkan Pelestarian Lingkungan

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian orang, K-pop bisa jadi identik dengan artis Korea yang cantik dan tampan, musik yang asyik, wardrobe yang keren, konser yang tiketnya sold out terus, hingga penggemar super fanatik. Di balik keglamoran K-pop, banyak sekali kegiatan terkait isu pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan oleh para idol maupun fandom

Nurul Sarifah, organizer Kpop4planet, mengamati, banyak anggota fandom yang terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Nurul bilang Para fandom sudah sering berpartisipasi dalam aktivitas menanam pohon, bahkan ada yang sampai membangun hutan.

"Misalnya, RM Forest No. 1 di Seoul, hutan yang dibangun penggemar leader BTS untuk ulang tahunnya. Tak hanya di negara lahirnya K-pop, kegiatan ini juga muncul di negara lain, seperti Brasil dan Rumania. Dari sini saya melihat penggemar K-pop sudah memiliki awareness yang tinggi tentang pentingnya pohon, hutan, dan alam," ujar Nurul.

Hal ini membuat Nurul dan timnya berpikir, sudah saatnya bagi Kpop4planet untuk menyuarakan isu baru. Selama ini mereka membahas tentang zero waste concert, album tanpa plastik, dan pusat data dari music streaming platform yang menghasilkan banyak karbon. 

Nazara dari Wings of Bangtan (WoB, portal informasi donasi yang berkaitan dengan BTS ARMY) bercerita, ARMY tergerak oleh isu lingkungan karena banyaknya pengaruh dari BTS sendiri. “Karena itu, ARMY berusaha menyamakan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh BTS maupun para member-nya. Ini salah satu kunci mengajak fandom lebih peduli akan kelestarian lingkungan dengan membawa BTS sebagai contoh nyata dari gerakan tersebut," sebut Nazara.

Baca Juga: Melantai di Bursa Saham Indonesia, Pendapatan Cap Tikus Capai Rp 54,9 Miliar

Sementara itu, Jevon Christian dari Blink Official Indonesia (BOI) menilai bahwa Blink merupakan perpanjangan tangan dari Blackpink yang menjadi duta dari 26th UN Climate Change Conference of the Parties (COP26). Maka, sebagai penggemar Blackpink mereka juga harus menyuarakan isu perubahan iklim dan ikut bergerak. “Paling tidak untuk membangun kesadaran dan pemahaman yang baik, sehingga kemudian bisa ikut menjaga bumi dengan cara masing-masing.”

Berdasarkan data yang dihimpun Kpop4planet, Indonesia bahkan memiliki jumlah pohon yang paling banyak ditanam oleh penggemar, yaitu 52.636 pohon, disusul Korea Selatan dengan 35.377 pohon, dan India dengan 13.483 pohon.

Melihat banyaknya kegiatan tanam dan adopsi pohon di seluruh dunia, Kpop4planet menggagas mapping kegiatan tersebut, sekaligus mendesain ulang website kpop4planet.com agar dapat lebih banyak menampung informasi terkait hutan. Nurul menyebutkan, mapping ini merupakan pintu masuk untuk diskusi yang lebih mendalam tentang masalah hutan yang terkait erat dengan perubahan iklim, yang hingga saat ini telah melibatkan 80 fandom K-pop dari 21 negara dalam 212 proyek dengan 113.824 pohon, dan berhasil mengurangi CO2 hingga 28.000 ton.

Baca Juga: Ada Drama Island, Tonton 5 Drakor Populer Aktris Lee Da Hee Ini yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News