Keluarga

Fakta Kucing Exotic Shorthair, Punya Wajah yang Unik!

Fakta Kucing Exotic Shorthair, Punya Wajah yang Unik!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda ingin memelihara kucing Persia tapi tidak ingin repot mengurus bulunya yang panjang dan tebal, coba pertimbangkan untuk memelihara kucing Exotic Shorthair.

Pasalnya, kucing Exotic Shorthair memiliki tampilan yang mirip dengan kucing Persia, tapi memiliki bulu yang lebih pendek. Selain itu, kucing Exotic Shorthair juga memiliki banyak sifat dan karakteristik yang membuatnya cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan kucing Exotic Shorthair, yuk simak fakta menarik tentang kucing satu ini. Dirangkum dari Basepaws, Mental Floss, dan Daily Paws, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 6 Ras Kucing Berbulu Putih, Cantik dan Elegan!

Termasuk ras kucing baru

Kucing Exotic Shorthair termasuk jenis ras kucing yang relatif baru, kira-kira sekitar 50 tahun yang lalu. Kucing ini lahir dari hasil persilangan antara kucing American Shorthair dengan kucing Persia yang dilakukan pada tahun 1950-an hingga 1960-an.

Jadi, tak heran jika kucing Exotic Shorthair memiliki karakteristik dari kedua jenis kucing tersebut. Kucing Exotic Shorthair memiliki bentuk tubuh dan wajah seperti kucing Persia, tapi bulunya pendek seperti kucing American Shorthair.

Perawatannya mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing Exotic Shorthair memiliki bulu yang pendek, tapi tetap padat dan lembut. Hal ini membuat kucing Exotic Shorthair relatif mudah dirawat.

Umumnya, Anda hanya perlu menyisir atau menyikat bulu si kucing sekali seminggu untuk merawat tampilan bulunya. Selain itu, wajah dan matanya juga perlu diusap dengan kain atau kapas yang sedikit dibasahi supaya tidak mudah kotor.

Punya banyak warna dan corak bulu

Kucing Exotic Shorthair memiliki banyak variasi warna dan corak bulu. Bahkan, semua warna dan corak yang umum ditemui pada kucing bisa Anda jumpai pada kucing Exotic Shorthair.

Misalnya, kucing Exotic Shorthair bisa saja memiliki bulu berwarna hitam, putih, abu-abu, hingga oranye, serta memiliki corak tabby, polos, atau calico. Selain itu, warna matanya juga beragam dan tergantung pada warna bulunya, seperti biru, biru kehijauan, hingga oranye.

Baca Juga: Mudah Ditemui di Banyak Tempat, Ini Fakta Seputar Kucing Tabby!

Pendiam, tapi suka bermain

Kucing Exotic Shorthair termasuk jenis kucing yang lembut, tenang, dan pendiam. Jadi, kucing ini relatif tidak akan terlalu merepotkan Anda di rumah.

Namun, di sisi lain, kucing Exotic Shorthair suka bermain, sehingga Anda bisa menyediakan berbagai mainan yang bisa dipakai si kucing saat bosan di rumah, mulai dari cat tree hingga cat teaser.

Ramah pada manusia

Kucing Exotic Shorthair memiliki sifat yang ramah dan penyayang pada manusia, terutama pemiliknya. Oleh karena itu, jangan heran bila kucing ini akan sering menempel pada Anda, bahkan bersantai dan tidur di pangkuan Anda.

Namun, kucing Exotic Shorthair bisa merasa takut dan malu jika berada di dekat orang asing. Jadi, jika mereka harus berinteraksi dengan orang asing (misalnya dokter), pastikan Anda berada di dekatnya supaya si kucing merasa nyaman.

Itulah beberapa fakta menarik seputar kucing Exotic Shorthair. Bagaimana, tertarik memelihara kucing ini di rumah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News