Bugar

Dikenal Sangat Pahit, Ini Sederet Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh

Dikenal Sangat Pahit, Ini Sederet Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, biar bisa merasakannya untuk tubuh.

Brotowali termasuk obat tradisional yang sudah dimanfaatkan selama bertahun-tahun untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah diabetes, dilansir Web MD.

Brotowali yang mempunyai nama latin Tinospora crispa merupakan tanaman dari keluarga Menispermiaceae. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara dan India bagian timur laut. 

Selain diolah menjadi jamu, tanaman brotowali biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus, bubuk, atau kapsul.

Melansir dari Food NDTV, inilah sederet manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui agar bisa merasakannya untuk tubuh, antara lain: 

Baca Juga: Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol, Ini Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

1. Mengobati penyakit kulit

Manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah mengobati penyakit kulit. Brotowali juga dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati penyakit kulit, seperti kudis.

Sifat antioksidan dan antiradikal kuat yang terkandung dalam brotowali terbukti dapat membantu mengobati penyakit kulit. 

2. Mengobati demam kronis

Manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang kedua bisa membantu mengobati demam kronis. 

Manfaat brotowali ini dapat mengurangi tanda dan gejala beberapa kondisi yang mengancam seperti demam berdarah, flu babi, dan juga malaria. 

3. Membantu mengobati hipertensi

Manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah membantu mengobati hipertensi. Di Indonesia, brotowali dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian tahun 2013 yang dilakukan pada tikus melaporkan bahwa beberapa kandungan dalam brotowali dapat menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, brotowali juga dapat menghambat aktivitas aterosklerosis, sehingga dapat melindungi kesehatan jantung Anda. 

Baca Juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Roti Gandum Secara Rutin, Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

4. Membantu mengontrol diabetes

Manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang berikutnya adalah membantu mengontrol diabetes. Brotowali juga dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot.  

Tak hanya di Indonesia, di negara lain seperti Thailand, Malaysia, Guyana, Bangladesh, dan India, brotowali telah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan diabetes. 

Penelitian pada hewan dan kultur sel telah menunjukkan bahwa brotowali dapat merangsang produksi insulin dari sel beta yang ada di pankreas.

5. Memelihara kesehatan tulang

Manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah memelihara kesehatan tulang. Brotowali mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan sendi.

Bukan cuma itu, tanaman ini juga mengandung beragam zat antioksidan, sehingga manfaat borotowali sangat baik untuk mencegah penyakit osteoporosis dan osteoarthritis. 

Namun, selain mengonsumsi brotowali, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, mencukupi asupan vitamin D, dan rutin berolahraga guna menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Itulah sederet manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui agar bisa merasakannya untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News