Bugar

Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol, Ini Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol, Ini Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Meskipun sangat pahit, manfaat dari buah mengkudu ini tidak bisa diragukan lagi. Termasuk, bisa menurunkan gula darah dan kolesterol.

Buah ini cukup populer dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen. 

Mengkudu atau Morinda citrifolia merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah mengkudu tentunya tak lepas dari berbagai kandungan zat gizi di dalamnya. 

Dilansir dari Mayo Clinic dan Everyday Health, manfaat buah mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, di antaranya:

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Untuk Menurunkan Gula Darah yang Tinggi

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang juga tidak kalah penting adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh. 

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh bisa lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit sehingga Anda pun tidak mudah sakit. 

Mengurangi nyeri sendi

Buah mengkudu telah digunakan secara tradisional untuk meringankan nyeri dan meredakan peradangan di dalam tubuh. 

Ekstrak buah ini juga diketahui berkhasiat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya, pada penderita osteoarthritis. 

Menurunkan kolesterol

Tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan organ pernapasan Anda, merokok juga bisa menyebabkan kadar kolesterol tubuh meningkat. 

Penelitian tim dari University of Illinois College of Medicine mengungkapkan, minum jus mengkudu selama satu bulan bisa mengurangi kolesterol total dan kadar kolesterol LDL pada perokok berat. 

Baca Juga: Bisa Anda Coba! 5 Tanaman Herbal yang Bisa Meringankan Penyakit Cacar Air

Bantu mengobati arthritis

Dr. Ahuja dari Rumah Sakit Fortis mengatakan, manfaat buah mengkudu bisa untuk mengobati pasien dengan kondisi arthritis. 

Jika Moms menjalani gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu secara rutin, ini dapat mengurangi nyeri arthritis seminimal mungkin. 

Menurunkan gula darah

Studi Universitas Hindia Barat menemukan, buah mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. 

Selain berbagai manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain dari buah mengkudu, seperti mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi rasa mual, dan meningkatkan stamina tubuh. 

Sayangnya, berbagai klaim manfaat buah mengkudu tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut. Itulah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News