HOME, InvesYuk

De Beers Blue, Berlian Termahal Dunia, Terjual Rp 828 Miliar di Lelang Sotheby's

De Beers Blue, Berlian Termahal Dunia, Terjual Rp 828 Miliar di Lelang Sotheby's

MOMSMONEY.ID - Jajaran berlian termahal dunia berubah, usai Sotheby's Hong Kong berhasil menjual De Beers Blue. Berlian Fancy Vivid Blue dengan 15,10 karat ini laku terjual di harga HK$ 451 juta, setara dengan US$ 57,5 juta. Jika dirupiahkan kurs Rp 14.400 per dollar AS berlian biru tersebut laku Rp 828 miliar. 

Harga tersebut adalah level tertinggi harga berlian mendekati harga berlian biru lain,  yang dijual pada tahun 2016 bernama The Oppenheimer Blue. Kala itu, berlian biru 14,62 karat itu terjual di harga US$ 57,54 juta.  

Sotheby's menceritakan, lelang berlian yang diadakan pada 27 April tersebut diwarnai pertarungan penawaran selama delapan menit di antara empat peserta lelang. Akibatnya, harga jual berlian De Beers Blue melambung di atas semula harga estimasi lelang berlian di HK$ 380 juta setara US$ 48 juta.

Baca Juga: Tembus Dua Juta Penonton, Ini Fakta Menarik Film KKN di Desa Penari!

Berlian tersebut akhirnya terjual pada klien yang diwakili oleh Wenhao Yu, Ketua Perhiasan dan Jam Tangan di Sotheby's Asia melalui panggilan telepon. Harga akhir yang dicapai (HK$ 450.925.000 setara dengan US$ 57.471.960. Angka tersebut hampir sama dengan pemegang rekor berlian biru saat ini, dicapai pada tahun 2016 ketika The Oppenheimer Blue (14,62 karat), dijual seharga US$ 57.541.779.

De Beers Blue dipotong dari batu kasar yang ditemukan di Tambang Cullinan, Afrika Selatan. Pada tahun 2021, tambang tersebut menjadi salah satu dari sedikit sumber berlian biru yang sangat langka di dunia. 

Dalam keadaannya yang baru dibuat dengan sangat baik, berlian ini muncul sebagai berlian biru hidup terbesar yang pernah ada di lelang dan berlian biru hidup terbesar yang dipotong secara internal tanpa cacat yang pernah dinilai oleh Institut Gemologi Amerika (GIA). Ini membuat  De Beers Blue sangat langka, dengan hanya lima contoh 10 karat+ yang pernah dilelang, tidak ada yang melebihi 15 karat, menjadikan penampilan permata sempurna ini sebagai peristiwa penting tersendiri. 

Ketua Sotheby's Asia, Patti Wong mengatakan De Beers Blue memang cukup memikat sejak pertama melihatnya. "Dengan warna cerah yang kuat, dan potongan yang sangat indah, itu benar-benar batu sekali dalam satu generasi, dan berlian biru terbesar dengan ukurannya yang pernah saya lihat selama 31 tahun karir saya di Sotheby's," cerita dia. 

Karena itu, Wong mengaku sangat senang De Beers dan Diacore memercayai Sotheby mempersembahkan batu ini ke pasar internasional. Pun hasilnya terkonfirmasi jelas cukup terapresiasi karena memang menjadi berlian langka dan besar di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

Ketua Perhiasan dan Jam Tangan di Sotheby's Asia, Wenhao Yu, menambahkan berlian yang menggambarkan istilah Vivid Blue adalah batu yang luar biasa. "Warnanya sangat mencengangkan dan ukurannya, menurut pengalaman saya benar-benar unik. Sudah sepatutnya berlian kaliber ini menjadi berlian paling berharga ketiga dari warna apa pun untuk dijual di lelang," kata dia dalam rilis. 

Hasil yang fantastis tersebut membuat lelang perhiasan ini menjadi lelang besar pertama Sotheby's pada tahun ini. Bruce Cleaver, CEO De Beers Group mengatakan, berlian ini menempati peringkat berlian De Beers terbaik yang pernah ada. "Kami sangat bangga untuk bergabung dengan Sotheby untuk berbagi momen yang menentukan dalam sejarah ini," kata dia. 

Sementara itu, Nir Livnat, Ketua, Diacore memberi selamat kepada pemilik barunya yang telah membeli salah satu harta alam paling menakjubkan di Bumi. "Mahakarya langka ini telah dirancang dan dibuat oleh tim khusus Diacore, yang telah menciptakan beberapa kreasi berlian paling langka di dunia, seperti CTF Pink Star 59,60 karat, The Milenium Blue Collection, dan banyak lainnya," kata dia. 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Jenis Tanaman Sukulen untuk Dipelihara di Rumah

Pada tahun 2017, Pink Star laku dengan harga US$ 71 juta dan menjadi berlian termahal yang terjual di balai lelang. Sementara sejumlah kecil berlian biru juga pernah terjual di Sotheby selama dua dekade terakhir. 

Terbaru pada tahun 2007 ketika lelang Sotheby's di Hong Kong menjual berlian Fancy Vivid Blue 6,04 karat, dengan potongan zamrud tanpa cacat internal dengan harga rekor di US$ 1.321.495 per karat. Angka tersebut memecahkan rekor 20 tahun yang dipegang oleh 'Hancock Red' yang terkenal, dan mendorong semua berlian Fancy Vivid Blue yang cukup besar ke tingkat pasar baru minimal US$ 1.000.000 per karat.

Sejak itu, berlian biru di lelang memiliki rekam jejak lelang yang mengagumkan. Namun, pertama kali pada tahun 2014 Mellon Blue Diamond, berganti nama menjadi 'The Zoe Diamond' di Sotheby's New York terjual di harga seharga US$ 32,6 juta atau setara dengan US$ 3.348.205 per karat. 

Pada tahun 2015, rekor pecah lagi ketika Sotheby's Geneva menjual 'The Blue Moon of Josephine', berlian 12,03 karat berbentuk bantalan Internal Flawless Fancy Vivid Blue seharga US$ 48,5 juta (US$4.028.941 per karat), yang menetapkan lelang harga per karat rekor untuk berlian atau batu permata apa pun.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Sebabkan 3 Anak Meninggal, Ini Gejalanya

Kini, Sotheby's memegang dua dari tiga harga teratas untuk berlian dengan warna apa pun, dan enam dari tujuh harga tertinggi untuk berlian Fancy Vivid Blue. Urutan berlian termahal yang terjual di lelang hingga tahun 2022 sebagai berikut : 

  1. The Pink Star terjual US$ 71,2 juta di Sotheby Hong Kong pada April 2017. Berlian 59,6 karat ini berwarna pink. 
  2. The Oppenheimer Blue terjual US$ 57,5 juta di Sotheby's Jenewa pada 18 Mei 2016. Berlian vivid blue dengan 14,62 karat ini cukup kecil dibanding pemegang rekor berlian termahal. The Oppenheimer terinspirasi dari Sir Philips Oppenheimer, pendiri dan chairman dari De Beers, perusahaan yang memiliki berlian. 
  3. De Beers Blue terjual US$ 57,4 juta di Sotheby's Hong Kong pada 27 April 2022. Berlian biru ini lebih besar dari The Oppenheimer 15,1 karat. 
  4. Memory of Autumn Leaves & Dream of Autumns Leaves laku terjual US$ 57,4 juta di Sotheby' Jenewa pada Mei 2017. Anting berbentuk pear tidak seperti pasangan namun memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama. Satu pasang anting berwarna biru 14,54 karat dan satu lagi berlian pink 16 karat. 
  5. The Winston Pink Legancy terjual seharga US$ 50,7 juta di balai lelang Christie's Jenewa pada 13 November 2018. Pemiliknya adalah Harry Winston. Berlian yang ditemukan di Afrika Selatan ini dipotong pada tahun 1920. Semula batu berlian ini dimiliki keluarga Oppenheimer penguasa De Beers 
  6. The Blue Moon of Josephine terjual US$ 48,4 juta di Sotheby's Jenewa pada November 2015. Pemilik berlian 12,03 karat adalah miliader Hong Kong Joseph Lau. Berlian ini hadiah untuk putrinya berusia tujuh tahun, Josephine. Sehari sebelumnya, Lau juga membeli berlian pink 16,8 karat seharga US$ 28,5 juta di Christie's bernama Sweet Josephine. 
  7. The Graff Pink terjual seharga US$ 46,1 juta di Sotheby's Jenewa pada November 2010. Pemilik berlian pink 24,78 karat ini adalah miliader Laurence Graff. Berlian ini sebelumnya dimiliki oleh Harry Winston. Berlian pink ini kini menjadi berlian langka Graff dan berlian menyandang namanya. 
  8. The Princie Diamond seharga US$ 39,3 juta terjual di Christie's New York pada 16 April 2013. Berlian ini semula berasal dari Nizams of Hyderabad tetapi berlian tersebut menjadi subyek perseteruan keluarga. Berlian pink  34,65 karat ini kini dimiliki politisi dan pengusaha Italia Renato Angiolillo. Tapi setelah kematiannya, anak-anaknya memperebutkan tanah miliknya dan mengklaim saudara tirinya mencuri berlian tersebut. 
  9. Queen Marie Antoinette's Pearl seharga US$ 36,2 juta di Sotheby's Jenewa pada November 2018. Setelah perang penawaran yang sengit, pemenang membayar berlian alami besar dengan liontin mutiara. Sebelumnya, berlian dan mutiara ini dimiliki oleh Ratu Prancis Marie Antoinette. Kini perhiasan ini dimiliki oleh keluarga kerajaan Bourbon Parma Italia. 
  10. The Orange seharga US$ 35,5 juta di Christie's Jenewa pada 12 November 2013. Berlian oranye ini berbentuk pir 14,82 karat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News