HOME, Bugar

5 Tips Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

5 Tips Mengatur Pola Makan Setelah Lebaran

MOMSMONEY.ID - Menu khas hari raya seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan sambal goreng kentang memang sayang jika dilewatkan.

Lebaran terasa kurang lengkap tanpa menu-menu tersebut. Menu makanan yang banyak mengandung lemak tersebut boleh saja dikonsumsi, tetapi jangan terlalu banyak dan sering. 

Baca Juga: Berikut Beberapa Gejala Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

Untuk kembali menjalankan hidup sehat, dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah tips mengatur pola makan setelah lebaran, yang bisa Anda terapkan, antara lain: 

1. Hindari karbohidrat berlebih

Tips mengatur pola makan setelah lebaran yang pertama adalah menghindari karbohidrat berlebihan. Konsumsi karbohidrat penting diperhatikan saat lebaran.

Jangan terlalu kalap mengambil banyak lontong atau ketupat. Kalau di rumah sudah menyantap ketupat dan lontong, jangan lagi menyantapnya saat bertamu ke rumah tetangga atau keluarga.

2. Hindari junk food

Tips mengatur pola makan setelah lebaran yang kedua adalah menghindari junk food. Hal ini akan sama saja dampaknya, karena lemak jahat akan tertimbun di badan Anda.

Sebaiknya hindari makanan yang tidak sehat seperti junk food, selain banyak lemak, juga memicu Anda gampang pusing, meningkatkan darah tinggi, depresi, serta obesitas.

3. Kurangi makan dan minuman yang manis

Tips mengatur pola makan setelah lebaran yang ketiga adalah muai mengurangi makan dan minuman manis. 

Tak hanya makanan berlemak tinggi yang biasa disajikan saat lebaran, tapi ada juga makanan dan minuman manis.

Ingat bukan berarti Anda tidak boleh makan atau minum yang manis, boleh asalkan jangan berlebihan.

Baca Juga: Jangan Khawatir! Ini 5 Tips Mengatasi Lapar Secara Efektif Saat Diet

4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Tips mengatur pola makan setelah lebaran yang keempat adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Momen lebaran sangat akrab dengan hidangan yang bersantan kental.

Setelah lebaran saatnya mengganti asupan dengan makanan tinggi serat, seperti sayur dan buah-buahan agar pencernaan kembali lancar setelah banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak.

5. Ganti lauk pauk dengan Ikan

Tips mengatur pola makan setelah lebaran yang kelima adalah mengganti lauk pauk dengan ikan. 

Setelah banyak mengonsumsi makanan berlemak, ada baiknya Anda mengganti menu lauk-pauk Anda dengan ikan untuk sementara waktu.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi pencernaan Anda kembali seperti semula.

Itulah beberapa tips mengatur pola makan setelah lebaran yang bisa Anda lakukan agar tubuh kembali fit dan tidak semakin menimbulkan penyakit lain setelah lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News