Keluarga

Dari Rasa hingga Aroma, Ini 4 Ciri Steak Tak Layak Konsumsi

Dari Rasa hingga Aroma, Ini 4 Ciri Steak Tak Layak Konsumsi

MOMSMONEY.ID - Steak yang Anda beli mengeluarkan berbagai tanda aneh yang mengarah pada proses pembusukan? Berhati-hatilah sebelum memasaknya. Untuk cegah hal ini terjadi, simak 4 ciri steak tak layak konsumsi berikut ini.

Steak mentah biasanya dijual di berbagai toko, mulai dari swalayan, toko daging, hingga pasar. Namun, tak semua steak yang dijual ini masih layak konsumsi. Terkadang, ada beberapa daging yang luput dari pengawasan sehingga steak sudah mulai terlihat tanda-tanda pembusukannya.

Untuk mencegah steak yang Anda beli membusuk sebelum dimasak, berikut ini Momsmoney hadirkan berbagai ciri steak tak layak konsumsi, berlaku untuk steak mentah hingga steak marinasi. Melansir dari Lacademie dan Smoked bbq source, simak selengkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Moms Potong Setengah Anggaran Makanan Jadi Lebih Hemat

Warna

Salah satu ciri steak tak layak konsumsi bisa dilihat dari warnanya. Warna steak haruslah segar dan merah. Namun, steak yang sudah tak layak konsumsi berwarna merah keunguan. Ini menandakan steak sudah terkontaminasi bakteri yang dapat membuat steak jadi busuk.

Tapi, Anda juga harus mencari tahu tanda pembusukan lainnya, sebab bisa jadi warna merah keunguan yang ada pada steak berasal dari reaksi paparan protein dengan oksigen, bukan berasal dari tanda pembusukan.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Daging Kurban yang Alot Jadi Super Empuk

Aroma

Daging Steak

Aroma juga dapat menentukan apakah steak masih layak konsumsi atau tidak. Steak yang masih segar memiliki aroma darah segar dan tak menyengat. Baunya begitu khas dengan bau daging segar pada umumnya.

Sementara steak tak layak konsumsi, baunya akan seperti amonia yang menyengat. Terkadang, juga baunya sedikit seperti bau keju yang asam. Buang steak jika sudah muncul aroma tak sedap seperti itu.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Daging yang Cepat dan Lebih Sehat

Perhatikan batas kedaluwarsa

Setiap steak segar ataupun beku pasti memiliki batas waktu kedaluwarsanya tersendiri. Segera olah steak mentah tersebut sebelum habis masa berlakunya.

Jika tak ada tanggal kedaluwarsanya, coba tanyakan kepada penjual steak tentang batas aman waktu steak dapat disimpan dalam kulkas. Tapi, rata-rata biasanya steak mentah masih dapat dikonsumsi 3-5 hari setelah dipotong, jika disimpan dalam kulkas.

Sementara apabila steak mentah dibekukan dalam freezer, biasanya masa simpan steak bisa bertambah hingga 6-12 bulan lamanya.

Baca Juga: 4 Tips Memasak Daging yang Matang, Lezat, dan Empuk Ala Restoran Bintang Lima

Steak Marinasi

Lain lagi dengan steak yang sudah dimarinasi. Steak yang sudah dimarinasi rata-rata punya masa simpan selama 2 jam di suhu kamar, 4-5 hari di dalam kulkas, dan 3 bulan di freezer.

Baca Juga: 4 Tips Aman Menyimpan Daging Sapi di Dalam Kulkas Agar Tetap Awet Dalam Jangka Lama

Berlendir

Ciri steak tak layak konsumsi adalah steak sudah berlendir dan licin saat disentuh. Steak yang seharusnya punya rona merah malah menjadi kekuningan dan berkilau.

Sebenarnya, lendir pada steak ini disebabkan oleh penumpukan bakteri yang sudah pasti menjadi tanda awal pembusukan pada daging. Jamur juga akan mulai tumbuh jika steak berlendir tersebut masih tetap disimpan dan tak dibuang segera.

Itulah 4 ciri steak tak layak konsumsi yang perlu Anda waspadai. Jadi, pastikan steak yang Anda beli masih enak dan tak ada berbagai macam tanpa pembusukan seperti di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News