HOME, Keluarga

Dari Gaya Homey Hingga Klasik, Ini 4 Inspirasi Dapur Industrial yang Keren

Dari Gaya Homey Hingga Klasik, Ini 4 Inspirasi Dapur Industrial yang Keren

MOMSMONEY.ID - Gaya industrial biasanya banyak ditemui di kafe atau restoran, tempat yang identik dengan keberadaan dapur. Jadi, tak ada salahnya Anda mencoba gaya ini untuk diterapkan pada dapur rumah.

Anda tidak harus mengadaptasi setiap elemen dalam gaya industrial pada dapur, tapi pilihlah elemen atau aspek tertentu yang cocok untuk diterapkan di dapur. Anda bisa memilih mendekorasi dapur dengan gaya industrial yang klasik atau menggabungkannya dengan gaya minimalisme.

Berikut ini ada beberapa contoh dapur dengan gaya industrial yang cukup beragam. Walaupun sama-sama menggunakan gaya industrial, namun kesan yang dihadirkan dari tiap dapur berbeda-beda.

Baca Juga: Inspirasi Ruang Makan Gaya Japandi, Suasana Makin Hangat dan Santai

Gaya industrial klasik

Jika Anda ingin menghadirkan kesan dapur industrial yang klasik, maka Anda harus benar-benar mematuhi prinsip-prinsip dasar dalam gaya industrial.

Sebagai contoh, pastikan Anda mendesain dapur dengan langit-langit yang tinggi sehingga memberikan kesan ruangan yang luas dan besar seperti pada gambar dapur di atas. Lalu, gunakan material khas industrial seperti dinding bata, jendela besi, dan lantai batu atau semen.

Untuk warnanya, gunakan warna-warna gelap dan bold yang menyerupai warna material bangunan, seperti merah kecoklatan, coklat, dan hitam. Supaya kombinasi warnanya tidak terlihat suram, manfaatkan pencahayaan alami melalui jendela besar pada dapur.

Perpaduan warna yang hidup

Walaupun gaya industrial identik dengan warna-warna bold khas material bangunan yang earthy, namun Anda tak perlu takut untuk bereksperimen dengan warna-warna lainnya.

Kuncinya, pilihlah warna bold yang senada dengan penampilan ruangan seperti warna kuning dan merah pada gambar dapur di atas. Gunakan warna-warna tersebut sebagai aksen sehingga tidak mendominasi penampilan dapur.

Untuk warna dasar, Anda bisa menggunakan warna netral seperti hitam atau putih. Warna netral juga akan membantu menonjolkan warna bold dari aksen tersebut. Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk menggunakan material khas industrial seperti kayu dan besi pada dapur.

Baca Juga: Tengok Desain Lantai Mezzanine Berikut, Interior Rumah Tampil Beda!

Warna-warna cerah

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Do.edu (@doedu.com.br)

Warna bata yang merah kecoklatan kadang bisa terasa “panas” bila digunakan di interior rumah. Jika Anda ingin menggunakan pola tembok bata pada ruangan namun kurang menyukai warnanya, Anda bisa menggunakan warna-warna netral yang terang sebagai gantinya.

Contohnya seperti dapur bergaya industrial di atas yang menggunakan motif bata berwarna abu-abu pada meja dan dindingnya. Elemen kayu dengan warna terang ditambahkan lewat permukaan meja dan kabinet dapur yang membuat suasana dapur makin cerah.

Untuk penyeimbang, Anda bisa menambahkan aksen warna hitam lewat pernak-pernik seperti kursi tinggi yang terbuat dari besi.

Tetap minimalis dan homey

Dapur bergaya industrial biasanya identik dengan kesan megah ala restoran kekinian, namun bukan berarti Anda bisa membuat gaya ini terlihat minimalis dan homey sehingga nyaman ditempati penghuni rumah.

Sebagai permulaan, tentu Anda perlu berpegang pada prinsip minimalisme seperti menggunakan warna-warna netral seperti hitam dan putih sebagai dasar. Lalu, tambahkan kesan industrial lewat penggunaan elemen seperti kayu dan besi pada furnitur dan dekorasi dapur. Pilihlah furnitur atau dekorasi dengan desain dan warna yang senada dengan penampilan dapur.

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan pencahayaan di dapur sehingga tetap ada kesan cerah dan lapang di dalam dapur. Anda bisa menggunakan jendela sebagai sumber pencahayaan alami atau lampu.

Selanjutnya: 4 Ide Desain Lantai Keramik, Dari Gaya Minimalis Hingga Dekoratif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News