Keluarga

Cuaca Panas Ekstrem, Simak Cara Membangun Rumah yang Sejuk

Cuaca Panas Ekstrem, Simak Cara Membangun Rumah yang Sejuk

MOMSMONEY.ID - Cuaca panas ekstrem di Indonesia belakangan turut membuat udara di rumah terasa panas. Lalu, bagaimana cara membangun rumah yang sejuk di tengah cuaca panas ekstrem?

Melansir Kompas.com, cuaca panas ekstrem yang melanda Indonesia belakangan akibat ada gerak semu Matahari tahunan. Sehingga, potensi suhu udara panas ekstrem ini dapat berupang pada periode yang sama setiap tahun. 

Jika Moms sedang berencana membangun rumah, tentu penting untuk mempertimbangkan siklus cuaca panas ekstrem ini. Ada baiknya Anda memperhatikan cara membangun rumah yang sejuk untuk menghadapi cuaca panas ekstrem. 

Baca Juga: Begini Cara Membuat Rumah Tetap Terasa Sejuk saat Udara Panas Tanpa AC

Melansir Popsci, ada 7 cara membangun rumah yang sejuk untuk menghadapi cuaca panas ekstrem. Berikut penjelasannya: 

1. Perhatikan pemilihan lokasi

Saat membangun rumah, Anda perlu mempelajari lokasi yang Anda pilih. Setiap lokasi tentu memiliki keunikan dan tantangannya tersendiri.

Namun, yang pasti adalah saat membangun rumah Anda harus mempertimbangkan krisis iklim yang akan datang. Dalam skenario yang ideal, rumah Anda akan diorientasikan sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah memanfaatkan pola angin alami. 

Dengan mencari tahu ke arah mana angin musim panas bertiup, Anda dapat merencanakan di mana sebaiknya meletakkan pintu masuk dan jendela untuk mendinginkan rumah secara alami. 

2. Ambil keuntungan dari tempat teduh

Sebelum membahas bangunan di dalam rumah, ada baiknya mencoba melindungi bagian luar dari sinar matahari langsung. Jika Anda tinggal di tempat yang dikelilingi pepohonan, mereka akan memberikan perlindungan alami. 

Pohon-pohon yang menggugurkan daunnya secara musiman efektif untuk menghalangi sinar matahari selama musim panas. Lalu membiarkan matahari musim dingin masuk saat Anda menginginkan sinar yang menghangatkan itu. 

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan saat Dekor Rumah dengan Cat Berwarna Abu-Abu

3. Tempatkan jendela secara strategis

Jendela adalah elemen penting untuk membuat sirkulasi udara di rumah mengalir dengan baik dan membuat rumah Anda sejuk. Salah satu cara membangun rumah tetap sejuk di tengah cuaca panas ekstrem adalah meletakan jendela berseberangan. 

Sistem memasang jendela ini akan menyerap udara luar ke dalam rumah dan mendinginkannya. Kemudian melalui jendela yang berseberangan udara bisa keluar dengan mudah. Ini akan menciptakan angin alami yang segar.

Kunci untuk menciptakan ventilasi yang baik adalah mencari tahu dari mana angin berasal.

Lokasi pemasangan jendela juga menjadi hal yang penting. Memasang jendela menghadap utara dan selatan akan lebih mudah membuat rumah terasa sejuk ketimbang menghadap timur dan barat.

Sebab, Matahari akan melintasi langit dari timur ke barat. Sehingga, cahaya Matahari akan lebih mudah masuk lewat jendela yang menghadap timur dan barat. 

4. Buat kolom untuk udara bergerak

Untuk membuat rumah Anda terasa sejuk di cuaca panas ekstrem, Moms bisa meminjam prinsip dasar kimia dan fisika. Para desainer menyebutnya sebagai the stack effect. 

Udara panas akan mudah naik ke atas karena memiliki tingkat kepadatan yang lebih rendah ketimbang udara dingin.

Sehingga, membuat menara ventilasi pada langit-langit dan bukaan yang sempit bisa menjadi tempat menyalurkan udara panas ke dalam menara tersebut. Pergerakan ini akan menarik udara yang lebih dingin ke dalam rumah Anda. 

Anda bisa membangun menara ini dengan meletakan jendela lebih tinggi lagi, dekat dengan langit-langit. Anda juga bisa membuat area khusus dengan langit-langit yang lebih tinggi dibanding lainnya. Semakin tinggi semakin baik. 

Baca Juga: Mana Sofa yang Lebih Cocok untuk Ruangan Kecil? Sofa Gelap atau Sofa Terang?

5. Pilih bahan atap dengan bijak

Untuk membangun rumah yang lebih sejuk saat cuaca panas, insulasi atap Anda. Menginsulasi atap bisa mencegah panas dan cahaya matahari mengenai atap dan masuk ke dalam rumah. 

Memasang atap yang terbuat dari bahan yang reflektif adalah cara lain untuk memastikan lebih sedikit panas yang diserap atap. Saat ini, industri atap telah banyak mengembangkan atap dengan warna gelap yang cukup reflektif. 

6. Bangun dinding yang lebih tebal

Ada alasan kenapa bangunan gaya Mediterranean dan rumah di Arab akan menjadi contoh saat kita membangun rumah untuk musim panas yang terik. Rumah-rumah ini selalu dibangun untuk menahan tingkat pemanasan yang tinggi. 

Anda juga akan melihat sedikitnya struktur kayu dan loteng pada bangunan tersebut. Ini karena material yang tebal dan berat seperti beton lebih banyak memiliki masa terman yang memungkinkannya menyimpan panas berlebih di siang hari kemudian membuangnya di malam hari. 

Melalui proses ini, bahan seperti beton, batu, dan batu bata lebih baik dalam mendinginkan rumah. Soalnya, bahan-bahan ini memiliki lebih banyak kapasitas untuk menyimpan panas yang tidak akan dipindahkan ke udara di dalam rumah. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Cuaca Panas, Cocok Menambah Kesejukan Ruangan

7. Desain rumah untuk masa depan

Saat ingin membangun rumah yang sejuk di tengah cuaca panas, Anda tidak membangun hanya untuk jangka pendek. Meski di Indonesia hanya dikatakan sebagai siklus tahunan, namun krisis iklim benar-benar terjadi.

Rumah yang Anda bangun saat ini perlu menahan lebih banyak panas dalam beberapa dekade mendatang. Sehingga Anda harus membangun rumah dengan ketahanan yang tinggi. 

Demikian cara membangun rumah yang tetap sejuk dalam menghadapi cuaca panas ekstrem bahkan krisis iklim. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News