Keluarga

Mana Sofa yang Lebih Cocok untuk Ruangan Kecil? Sofa Gelap atau Sofa Terang?

Mana Sofa yang Lebih Cocok untuk Ruangan Kecil? Sofa Gelap atau Sofa Terang?

MOMSMONEY.ID - Memilih sofa bukan hal yang mudah, Anda perlu pertimbangan matang terutama untuk di ruang kecil. Mulai dari berapa besar area yang akan digunakan, apakah bentuk sofa ini yang paling tepat, dan apakah warna ini yang paling cocok? 

Melansir Living Etc, aturan dalam desain interior ada untuk dilanggar. Sehingga, tak ada jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan mana sofa yang paling tepat untuk ruangan kecil.

Apakah Anda harus menggunakan sofa berwarna terang, atau sebaliknya menggunakan sofa berwarna gelap?

Desainer Interior New York Arsight Studio Artem Kropovinsky mengatakan, pada akhirnya warna sofa yang optimal untuk ruang yang sempit tergantung pada estetika seluruh ruangan.

Baca Juga: Apakah Sofa Boleh Menghadap Pintu? Begini Cara Tepat Menata Sofa

Jika Anda ingin ruangan yang terlihat cerah dan luas, sofa dengan warna pucat adalah piliha yang baik. Namun, kalau Anda ingin ruangan yang terkesan private, maka sofa berwarna gelap adalah pilihan yang tepat. 

Bagaimanapun, banyak desainer yang memilih menggunakan sofa berwarna terang untuk ruangan yang kecil. Sebab, menggunakan sofa berwarna terang di ruangan kecil dapat memberikan ilusi ruangan yang terang, luas dan lega. 

Setiap rumah dan ruangan memiliki keunikan masing-masing. Tapi, menggunakan sofa terang secara khusus di ruangan kecil banyak disarankan.

Terutama, karena sofa adalah furnitur yang paling banyak menghabiskan ruangan. Jika Anda memilih sofa yang gelap, ini akan terasa berlebihan di ruangan yang kecil. 

Hanya, tetap ada pengecualian di setiap aturan. Apabila ruangan kecil Anda memilik langit-langit yang tinggi, maka sofa gelap bisa efektif membuat ruangan lebih imbang. 

Baca Juga: Ini 10 Barang yang Perlu Anda Singkirkan dari Ruang Tamu Mungil

Perhatikan juga seberapa bayak cahaya bisa masuk ke rumah Anda. Jika rumah Anda memiliki banyak cahaya dan cerah, maka sebaiknya gunakan sofa dengan palet yang cocok.

Tapi, kalau Anda ingin ruangan yang terasa lebih gelap, maka jangan ragu untuk menggunakan sofa berwarna gelap.

Bagaimana cara sofa terhubung dengan sekitarnya juga sangat penting. Luasnya suatu ruangan akan dipengaruhi oleh kontras yang ada terutama pada barang yang paling besar.

Jika Anda menggunakan sofa terang di dinding gelap atau sebaliknya, sofa akan terasa lebih besar karena kontras yang tercipta dan membuat ruangan terasa kecil dan penuh. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Cuaca Panas, Cocok Menambah Kesejukan Ruangan

Jadi, saat memilih sofa untuk rumah Anda, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah suasana apa yang Anda inginkan.

Apabila Anda ingin ruangan yang nyaman untuk bersantai maka sofa berwarna gelap bisa menciptakan suasana ini. Tetapi, jika Anda ingin membuat ruangan terasa lebih luas gunakan sofa berwarna terang. 

Untuk membuat ruangan kecil terasa luas, gunakan sofa dengan rona yang mirip dengan warna cat dinding Anda. Sofa beige cocok dipadukan dengan cat dinding putih.

Sementara sofa hijau emerald cocok dengan cat dinding berwarna biru navy. Semakin rendah tingkat kontras sofa dengan dinding, membuat elemen lain di ruangan jadi lebih terlihat. 

Selain memilih warna sofa, pertimbangkan juga ukuran sofa. Jika Anda memiliki ruangan yang kecil, pilih sofa dengan sandara punggung dan lengan yang rendah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News