Keluarga

Ini 10 Barang yang Perlu Anda Singkirkan dari Ruang Tamu Mungil

Ini 10 Barang yang Perlu Anda Singkirkan dari Ruang Tamu Mungil

MOMSMONEY.ID -  Ruang tamu bisa menjadi area bagi Anda untuk meletakan seluruh barang milik Anda dan membuatnya terasa penuh. Mulai dari ponsel, mantel, sepatu, dan kaos kaki. Dan saat kita akan merapikannya, kita tidak bisa menemukan area yang tepat untuk menyimpan barang-barang tersebut sehingga membentuk lingkaran setan. 

Ada beberapa benda yang memang sebaiknya memiliki tempat penyimpanan di ruang tamu. Namun ada beberapa benda yang perlu Anda singkirkan dari ruang tamu tanpa pikir panjang. 

Untuk membantu Anda merapikan ruang tamu kecil untuk menciptakan ruangan yang terasa luas dan tenang, simak 10 benda yang sebaiknya Anda singkirkan dari ruang tamu. 

Baca Juga: Sedang Berlangsung, Ini Penjelasan Singkat Mercury Retrograde di Astrologi

1. Semua barang yang tidak Anda gunakan lagi

Melansir Homes and Gardens, Anda bisa menyingkirkan benda atau barang yang tidak Anda gunakan lagi dari ruang tamu Anda. Selain itu, singkirkan juga benda yang tidak lagi bermakna bagi Anda. Kemudian fokus pada benda yang Anda butuhkan dan sukai.

Anda bisa menjual atau mendonasikan barang-barang tersebut. Intinya, gunakan aturan one-in-one-out. Jika Anda membeli satu barang baru, berarti Anda harus menyingkirkan satu barang lama Anda. 

2. Benda yang Anda simpan hanya untuk cadangan

Jika Anda melihat suatu benda di rumah yang sudah terlalu lama Anda simpan, dan muncul pikiran “bagaimana jika benda ini akan berguna di masa depan?” ada baiknya Anda menyingkirkannya. Terutama jika benda tersebut mungkin hanya akan berguna untuk satu waktu atau untuk acara khusus, bukan yang akan digunakan rutin. 

3. Furnitur atau perabotan yang tidak Anda sukai

Perhatikan kembali ruang tamu mungil Anda yang sangat penuh tersebut. Coba perhatikan furnitur yang ada, apakah ada kursi, sofa atau meja yang bisa Anda singkirkan dan mungkin diganti dengan perabotan multifungsi lainnya? 

Professional Organizer Living Lauren Saltman mengatakan furnitur yang benar-benar dibutuhkan di ruang tamu kecil adalah sofa dengan selimbut dan bantal yang nyaman, meja samping dan meja kopi, karpet dan mungkin 1-2 lampu saja. 

4. Elektronik dan kabel

Benda-benda elektronik dengan kabel yang terjuntai bisa memberikan pemandangan yang kacau. Gunakan penyimpanan cerdas untuk menyembunyikannya dan hanya dikeluarkan saat Anda benar-benar butuh. 

5. Aksesoris hiasan ruangan

Jika Anda telah menyingkirkan furnitur besar dari ruang tamu Anda, sekarang periksa bagian aksesoris ruangan. Sekali lagi, hanya simpan benda-benda yang dibutuhkan dan singkirkan yang tidak Anda butuhkan. Caranya, kurasi pernak-pernik berlebih kemudian pilih beberapa untuk dipajang di rak Anda dan simpan sisanya di gudang. 

6. Mainan anak

Saat Anda memiliki balita di rumah, tentu saja Anda tak bisa menghindari mainan yang berserakan di setiap ruangan. Sehingga cara yang tepat adalah membangun kebiasan yang baik dan disiplin. 

Setiap kali anak Anda selesai bermain di ruang tamu, ajak mereka membereskannya dan mengembalikan di ruangan khusus untuk menyimpan mainan mereka. Pastikan Anda memiliki rak sendiri untuk meinan-mainan ini. Anda bisa membeli rak anyaman untuk penyimpanan yang juga estetik. 

7. Kertas

Anda pasti sering menemukan kertas di ruang tamu. Entah brosur iklan, nota belanja atau catatan Anda. Kertas-kertas ini akan membuat ruang tamu terlihat berantakan. Sehingga sebaiknya rapikan kertas-kertas ini dan simpan dengan rapi di tempat khusus seperti rak buku atau map. 

8. Selimut dan bantal sofa yang sudah lama

Selimut dan bantal sofa yang sudah lama sebaiknya masuk dalam daftar barang yang disingkirkan dari ruang tamu. Sebab kedua benda ini biasanya sudah rusak bahkan terlupakan. 

9. Baju dan sepatu

Bukan tak mungkin, saat pulang dari bepergian Anda terbiasa melepas sepatu atau jaket di ruang tamu. Kemudian Anda akan membiarkannya di atas sofa atau meja. Padahal kedua benda ini tak seharusnya ada di ruang tamu. 

Letakan sepatu di rak sepatu yang sudah Anda sediakan di rumah. Dan bawa baju Anda ke dalam kamar atau langsung masukan ke keranjang baju kotor. 

10. Peralatan kerja

Ruang tamu adalah salah satu ruang yang terkadang jadi tempat untuk bekerja. Sehingga sering kali Anda juga akan meninggalkan banyak peralatan kerja di ruang tamu. 

Padahal sesuai fungsinya, ruang tamu adalah area untuk menerima tamu dan bersantai. Maka sebaiknya singkirkan peralatan kerja Anda dari ruang tamu. Letakan peralatan kerja di satu area seperti meja kerja atau jika Anda punya ruang kerja sendiri, kembalikan ke ruangan tersebut. 

Baca Juga: Anti Boncos Usai Lebaran, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Setelah Lebaran

Demikian informasi 10 benda yang sebaiknya Anda singkirkan dari ruang tamu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News