HOME, Keluarga

Coba Tabulampot, Solusi Bertanam di Lahan Sempit

Coba Tabulampot, Solusi Bertanam di Lahan Sempit

MOMSMONEY.ID - Punya hobi bercocok tanam atau baru ingin mencoba, tapi tak punya lahan yang cukup, Moms jangan berkecil hati. Ada solusi bercocok tanam tanpa butuh lahan luas yakni tabulampot

Istilah tabulampot merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot. Sesuai namanya, metode menanan tanaman ini dilakukan dalam pot, khususnya pada lahan-lahan yang sempit. Tanaman yang dibudidayakan berupa buah-buahan.

Baca Juga: Begini Cara Atasi Busuk Akar pada Tanaman

Buah-buahan yang biasa ditanam dengan tabulampot antara lain stroberi, mangga, kelengkeng, rambutan, apel, jeruk, jambu air, jambu biji, sawo, belimbing, atau alpukat. Di samping itu, metode ini juga dapat diterapkan untuk tanaman sayuran seperti terong, cabe, seledri, dan sebagainya.

Dilansir dari distan.bulelengkab.go.id, kelebihan tabulampot adalah perawatan yang terjamin, di antaranya maksimal dalam pemenuhan nutrisi, kebutuhan air tercukupi, dan terkontrol dalam perawatan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Alternatif Media Tanam Selain Tanah

Kelebihannya, tak hanya menggunakan lahan yang sempit, tabulampot juga memiliki kelebihan bisa dipindah-pindahkan dengan mudah. Walau merupakan tanaman buah-buahan, tabulampot juga bisa menghiasi pekarangan rumah Anda. Hasil panennya juga dapat Anda nikmati atau dapat dijual.

Meskipun hampir semua buah dan sayuran dapat ditanam dengan metode tabulampot, namun tidak semua bisa tumbuh dan berbuah secara optimal. Sebab, setiap tanaman buah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Produksinya pun tak bisa sebanyak tanaman buah yang dirawat di lahan luas. 

Selanjutnya: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Sampah Rumah Tangga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News