Keluarga

Cegah Kebakaran dengan Memahami Komponen Instalasi Listrik Di Rumah Yuk Moms!

Cegah Kebakaran dengan Memahami Komponen Instalasi Listrik Di Rumah Yuk Moms!

MOMSMONEY.ID - Listrik adalah kebutuhan pokok rumah tangga. Tak ada listrik tandanya Moms harus siap-siap tak bisa menyalakan lampu di malam hari. Juga tak bisa mengeringkan rambut menggunakan hair dryer atau bahkan sekedar men-chargehandphone. 

Namun, sering kali kita para perempuan cukup tak acuh pada komponen listrik. Banyak perempuan merasa pengetahuan soal listrik hanya untuk kaum adam. Sebaiknya Moms pahami lagi yuuk instalansi listrik di rumah dan seberapa penting fungsinya. 

Baca Juga: Gudang JNE Terbakar, Begini Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Melansir Mustika Land, Rumah.com, dan Dekoruma, berikut jenis-jenis instalansi listrik dan fungsinya.

Meteran listrik

TARIF LISTRIK

Merupakan alat yang bisa moms temui yang menempel di dinding rumah. Biasanya dilatakan di sudut-sudut rumah. Melalui alat ini Anda bisa mengetahui besar daya yang digunakan di rumah. 

MCB

MCB

MCB merupakan kepanjangan dari miniature circuit breaker yang digunakan sebagai pengaman listrik. MCB terdiri dari kawat halus yang akan meleleh atau putus jika terjadi aliran arus listrik yang berlebihan atau terjadi arus pendek (konsleting). Terdapat beberapa jenis besaran ampere MCB, yang perlu Anda sesuaikan dengan besaran daya di rumah. 

ELCB

ELCB

Merupakan kepanjangan dari earth leakage circuit breaker. Melansir Schneider Electric, ELCB berfungsi sebagai alat pengaman jika ada kebocoan arus listrik atau kesetrum. ELCB dapat mendeteksi arus listrik yang tidak seimbang. ELCB memiliki beberapa jenis berdasarkan tingkat sensitivitas yaitu 10mA untuk sensitivitas tinggi, 30mA untuk proteksi terhadap manusia dan 300mA untuk bahaya kebakaran. 

Arde 

ARDE

Merupakan alat yang berfungsi untuk mengalirkan tegangan listrik yang terlalu tinggi ke tanah. Biasanya Anda bisa menemukannya di dekat meteran listrik. 

Baca Juga: Hati-hati! 5 Alat Elektronik ini Bikin Tagihan Listrik Melonjak

Embodus 

EMBODUS

Embodus merupakan kotak yang ditanam di dalam dinding Berfungsi sebagai wadah kabel yang ditanam di dinding untuk menempel sakelar atau stop kontak. 

T-dus

T-DUS

Merupakan kotak penyambung yang menyimpan sambungan listrik agar lebih rapi dan tidak terpapar langsung.

Sakelar

Sakelar

Merupakan alat yang berfungsi untuk menyambung dan memutus daya listrik. 

Stop kontak

colokan kabel

Alat ini sering Anda temui di dinding-dinding rumah. Berfungsi sebagai titik penghubung antara sumber listrik ke berbagai alat elektronik. Anda hanya perlu memasangkan steker. 

Nah itu tadi alat-alat atau instalansi listrik yang penting Anda ketahui fungsinya. Sebenarnya masih banyak lagi instalansi listrik, misalnya perpanjangan stop kontak yang biasanya digunakan saat alat elektronik terletak jauh dari stop kontak, kabel listrik dan fitting lampu yang berfungsi untuk tempat bohlam di bagian tengah agar lampu bisa menyala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News