Keluarga

Hati-hati! 5 Alat Elektronik ini Bikin Tagihan Listrik Melonjak

Hati-hati! 5 Alat Elektronik ini Bikin Tagihan Listrik Melonjak

MOMSMONEY.ID - Alat elektronik tidak bisa dilepaskan begitu saja dari kehidupan kita sehari-hari. Perhatikan saja aktivitas Anda dirumah. Menyetrika baju membutuhkan listrik, mencuci dengan mesin cuci juga membutuhkan listrik, bahkan menonton televisi pun membutuhkan listrik. 

Semakin banyak penggunaan daya listrik di rumah, maka tagihan listrik Anda pun akan semakin melonjak. Melansir MyEco dan rumah.com, berikut barang elektronik di rumah yang paling boros listrik. 

Setrika

Alat setrika membutuhkan daya listrik hingga 300 watt. Di rumah, penggunaan alat listrik ini bisa cukup lama. Selain itu tingkat kepanasan yang digunakan berdasarkan jenis kain juga berpengaruh pada boros atau tidaknya penggunaan daya. Cara untuk menghemat listrik dengan menggunakan setrika adalah menyesuaikan suhu sesuai dengan jenis kain yang disetrika, serta membersihkan bagian pelat. Sebab jika kotor, semakin banyak daya yang dibutuhkan untuk memanaskan.

Baca Juga: Segera Ikuti Promo Tambah Daya Listrik dari PLN, Berakhir September 2022

Pompa Air

Melansi Dekoruma, pompa air membutuhkan daya 250-500 watt dalam keadaan stabi. Namun jika sedang digunakan untuk menghisap air maka daya yang dibutuhkan bisa hingga 500-900 watt. Untuk menghemat, Anda bisa lebih mempertimbangkan lagi pemilihan jenis pompa air yang hemat daya. 

AC

Melansir MyEco, alat elektronik yang sati ini bisa membutuhkan daya listrik dari 350 watt untuk ½ PK hingga 700 watt untuk AC 1 PK. Semakin besar tipe AC yang digunakan maka semakin besar daya listrik yang digunakan. Untuk menghemat daya, sebaiknya Anda jangan menggunakan AC secara terus menerus tanpa dikontrol.

Baca Juga: Inspirasi Dapur Cantik dan Minimalis 2022

Mesin Cuci

Hampir seluruh rumah tangga saat ini memiliki alat mesin cuci. Alat yang satu ini sangat membantu menghemat waktu dan tenaga dalam mencuci baju. Mesin cuci dengan tipe top loading memiliki daya sebesar 250 watt. Sedangkan mesin cuci tipe front loading memiliki daya listrik sebesar 300 watt. Dalam penggunaan mesin cuci, yang membuat boros adalah durasi mencuci. Semakin ama durasinya semin banyak daya yang digunakan. 

Dispenser

Dipenser juga merupakan peralatan elektronik yang umum dimiliki setiap rumah tangga. Daya yang dibutuhkan untuk mendinginkan dan menghangatkan air mulai dari 80 watt – 450 watt. Salah satu kebiasaan yang membuat penggunaan dispenser boros adalah dihubungkan dengan listrik secara terus-menerus. 

Nah, untuk menghitung penggunaan listrik per kWH, ada rumus yang perlu Anda ketahui. Rumus ini akan membantu Anda menghitung penggunaan daya listrik pada alat elektronik yang Anda miliki. Adapun rumus yang bisa digunakan:

  • kWh = (jumlah watt alat elektronik x penggunan per jam) : 1000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News