Santai

Gudang JNE Terbakar, Begini Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Gudang JNE Terbakar, Begini Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

MOMSMONEY.ID -  Gudang JNE baru saja terbakar. Tentu kerugian yang dialami cukup besar. Ini meningatkan kita semua bahwa kebakaran bisa terjadi kapan pun, apabila ada kelalaian di dalam rumah. Misalkan saja karena gas yang bocor atau lupa mematikan alat elektronik yang masih terhubung dengan sumber listrik di rumah. Jika sudah demikian, tentu akan membahayakan seisi rumah. 

Seringnya penyebab kebakaran adalah kelalaian kita sendiri. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. Melansir kulonprogokab.go.id, berikut tipsnya!

Baca Juga: Gudang JNE di Cimanggis Terbakar, JNE Akan Ganti Rugi Seluruh Produk yang Lenyap

Bijak dalam menggunakan alat-alat elektronik

Moms sebaiknya menggunakan peralatan elektronik yang sesuai dengan kapasitas daya listrik, jangan sampai melebihi. Hindari juga memasang terlalu banya alat elektronik di dalam satu kabel extension. Pastikan juga kondisi kabel cukup aman dan jangan gunakan kabel yang kulitnya sudah terkelupas. 

Cabut peralatan elektronik dari colokan

Moms perlu mengecek ulang seluruh peralatan elektronik sebelum meninggalkan rumah. Jangan hanya mematikan saja, tapi wajib mencabut. 

Simpan korek api atau pemantik api di tempat yang aman

Sebisa mungkin, alat-alat yang bisa menjadi sumber api ini dijauhkan dari anak kecil. Lakukan ini untuk mencegah anak-anak memainkan korek api dan menimbulkan risiko terbakar. 

Lepas selang gas saat bepergian lama

Kebocoran pada gas dapat menyebabkan kebakaran. Maka dari itu lebih baik melepas selang gas jika berpergian lama, dan tutup kembali dengan benar ujung gas. Selain itu Anda sebaiknya jangan meninggalkan kompor dalam kondisi menyala. 

Sediakan alat pemadam kebakaran rumah

Anda bisa meletakan alat ini di dekat dapur atau di ruang yang mudah terjangkau. Anda bisa meletakan fire hydrant di rumah untuk berjaga-jaga. Supaya ketika terjadi kebakaran, sebelum membesar Anda bisa segera memadamkannya 

Baca Juga: Masuki Musim Hujan, Waspadai Kerusakan Pada Mobil Akibat Banjir

Pasang alat pendeteksi asap

Alat ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kebaaran. Jika alat ini mendeteksi asap, alarm akan berbunyi dan memberitahu penghuni akan adanya potensi kebakaran.

Jangan merokok di dalam rumah atau membakar sampah di sekitar rumah. 

Kedua hal ini bisa menjadi pemantik api, apa lagi jika terkena angin yang cukup besar dan terkena bahan yang mudah terbakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News