HOME, Keluarga

Catat, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Memilih dan Membeli Vacuum Cleaner

Catat, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Memilih dan Membeli Vacuum Cleaner

MOMSMONEY.ID - Saat ini, vacuum cleaner sudah menjadi salah satu barang wajib di sebagian besar rumah di daerah perkotaan Indonesia. Penggunaannya yang praktis dan cepat menjadi keuntungan tersendiri, terutama bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk membersihkan rumah.

Moms yang ingin mencoba membeli vacuum cleaner untuk pertama kali mungkin masih bingung dengan cara memilih vacuum cleaner yang sesuai untuk kebutuhan rumah. Pasalnya, jika salah pilih, bisa-bisa kegiatan membersihkan rumah jadi tidak menyenangkan.

Nah, jangan khawatir, omsMoney sudah merangkum beberapa tips berguna yang bisa diterapkan dalam memilih dan membeli vacuum cleaner. Simak di bawah, ya.

Baca Juga: Apa Itu Lampu Sunset yang Sedang Viral di TikTok? Baca Penjelasannya di Sini

Jenis vacuum cleaner

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah memilih vacuum cleaner berdasarkan jenisnya.

Ada banyak sekali jenis vacuum cleaner, namun umumnya orang memilih vacuum cleaner dari tipe penampung debunya. Dirangkum dari The Spruce, tipe penampung debu dalam vacuum cleaner dibagi menjadi dua, yaitu bagged dan bagless.

Tipe bagged menggunakan kantung khusus untuk menampung debu yang tersedot di dalam vacuum cleaner. Kelebihan dari tipe ini adalah penggunaannya yang praktis, di mana moms hanya perlu membuang kantungnya ketika sudah terisi penuh dengan debu.

Kekurangannya, tipe ini tidak ramah lingkungan karena harus terus-menerus membuang kantung debu yang sulit didaur ulang.

Kemudian, tipe bagless atau cyclone menampung debu di tempat tertentu di dalam vacuum cleaner. Berbeda dengan tipe bagged, tipe bagless mengharuskan penggunanya untuk mengosongkan tempat debu setiap kali terisi penuh.

Kekurangannya, tipe ini cenderung membuat berantakan dan berisiko memicu alergi debu karena penggunanya tetap berkontak dengan kotoran dan debu setiap kali mengosongkan vacuum cleaner.

Baca Juga: Mengenal KonMari, Metode Merapikan Rumah Ala Marie Kondo

Bobot vacuum cleaner

Dilansir dari vacuumsguide.com, berat atau bobot vacuum cleaner berpengaruh besar pada penggunaannya secara keseluruhan.

Jika moms menggunakan vacuum cleaner dengan berat yang melebihi kemampuan, bukan tidak mungkin kegiatan bersih-bersih malah akan merepotkan karena harus membawa-bawa vacuum cleaner yang berat. Akibatnya, moms bisa merasa kelelahan setiap kali menggunakan vacuum cleaner.

Oleh karena itu, pilihlah vacuum cleaner dengan bobot yang sesuai. Tidak perlu mencari yang seringan bulu, namun pilihlah vacuum cleaner dengan berat yang cocok dengan kebutuhan moms.

Baca Juga: Yuk, Masak Pasta Carbonara yang Creamy di Mulut!

Konsumsi listrik

Barang elektronik yang memakan tenaga besar umumnya menuntut pemakaian listrik yang besar juga, tak terkecuali vacuum cleaner.

Dikutip dari Constellation, vacuum cleaner memiliki konsumsi daya atau listrik yang bervariasi, mulai dari 500 hingga 3000 watt. Rata-rata vacuum cleaner menggunakan daya sekitar 1400 watt.

Memilih vacuum cleaner dengan konsumsi daya dan listrik yang sesuai penting untuk kenyamanan penggunanya. Jika konsumsi daya vacuum cleaner lebih besar dari kapasitas daya di rumah, hal ini bisa mengganggu kegiatan bersih-bersih di rumah.

Tidak mau kan, kegiatan bersih-bersih selalu terhambat karena perkara listrik? Oleh karena itu, pilihlah vacuum cleaner yang sesuai dengan kapasitas daya listrik di rumah.

Fitur yang ditawarkan

Setiap vacuum cleaner menawarkan fitur yang berbeda-beda. Hal ini perlu menjadi pertimbangan moms ketika membeli vacuum cleaner.

Dilansir dari vacuumsguide.com, ketika memilih vacuum cleaner umumnya orang-orang akan mempertimbangkan fitur-fitur seperti daya hisap, filter atau penyaring, aksesori seperti corong tambahan, dan kapasitas kantung debu. Semuanya bervariasi, tergantung kebutuhan pengguna.

Tidak ada fitur yang paling penting atau tidak berguna, semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan supaya fitur yang ditawarkan berfungsi dengan maksimal.

Itulah beberapa tips yang bisa moms manfaatkan untuk memilih dan membeli vacuum cleaner yang sesuai. Selamat mempraktekkan!

Selanjutnya: Yuk, Coba Pasang 5 Hiasan Dinding Ini untuk Kamar Aesthetic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News