HOME, Keluarga

Catat, Ini Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Monokrom

Catat, Ini Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Monokrom

MOMSMONEY.ID - Penggunaan warna monokrom banyak digemari pada desain interior rumah. Alasannya, Anda cukup menggunakan warna-warna tertentu seperti hitam dan putih untuk mendekorasi rumah sehingga tidak perlu memikirkan kombinasi warna lain. Penampilan rumah pun akan terlihat minimalis dan elegan.

Sebenarnya, apa itu warna monokrom? Dikutip dari Oxford Learner’s Dictionary, istilah monokrom dalam dunia fotografi merujuk pada penggunaan warna hitam, abu-abu, dan putih pada suatu foto. Namun, pada dasarnya istilah monokrom merujuk pada penggunaan nuansa yang berbeda-beda pada satu warna.

Misalnya, dalam mendekorasi suatu ruangan, Anda hanya menggunakan warna biru. Tapi, Anda menggunakan beberapa variasi warna biru seperti biru muda, biru tua, biru langit, biru kehijauan, dan lain-lain. Jadi, istilah monokrom sebenarnya tidak hanya berputar pada warna hitam, putih, atau abu-abu.

Baca Juga: Inspirasi Cat Kamar Unik untuk Mempercantik Penampilan Kamar, Cek di Sini!

Nah, walaupun terlihat simpel, mendekorasi rumah dengan warna monokrom tidak semudah itu. Khususnya untuk warna monokrom hitam dan putih, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya kombinasi warnanya terlihat menarik di ruangan Anda.

Dilansir dari Red Online UK, berikut tips dan trik untuk mendekorasi rumah dengan warna monokrom hitam dan putih.

Seimbangkan warna

Supaya perpaduan warna di ruangan terlihat serasi, perhatikan komposisi warna monokrom yang Anda gunakan. Sebagai dasar, gunakan warna putih di permukaan seperti dinding atau lantai, kemudian tambahkan warna gelap seperti hitam lewat pernak-pernik seperti bantal sofa atau vas. Sebagai panduan, gunakan 70% warna putih dan 30% warna hitam.

Namun, jika perpaduan warna hitam dan putih dirasa terlalu kontras, Anda bisa menggunakan warna abu-abu untuk menyeimbangkan keduanya. Gunakan warna abu-abu untuk sofa, karpet, atau pernak-pernik lain di rumah Anda.

Tambahkan material kayu dan berbagai tekstur

Perpaduan warna hitam, abu-abu, dan putih kadang bisa terasa monoton dan datar. Untuk menyiasati hal tersebut, gunakan furnitur atau lantai kayu. Jadi, ruangan Anda akan terasa lebih natural dan hangat.

Sebagai tambahan, Anda dapat bermain dengan tekstur untuk menghindari penampilan rumah yang datar. Gunakan dekorasi seperti karpet bulu, tembok bata, atau furnitur berbahan metal untuk memberi variasi tekstur pada rumah monokrom Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Toko Furniture Online Lokal, Cocok Untuk Rumah Minimalis!

Gunakan pernak-pernik

Selain cara di atas, Anda dapat menambahkan pernak-pernik seperti lukisan atau wall art lainnya untuk dipajang di dinding rumah monokrom supaya tidak terkesan polos. Gunakan lukisan atau wall art dengan warna-warna yang senada dengan tema rumah Anda.

Walaupun mengusung tema monokrom, bukan berarti Anda tidak boleh menambahkan pernak-pernik dengan warna lain. Cobalah untuk menambahkan pernak-pernik dengan warna bold seperti kuning, merah, hijau, biru, bahkan pink yang dapat berfungsi sebagai aksen warna yang kontras dalam ruangan.

Pencahayaan yang terang dan hangat

Perpaduan warna monokrom seringkali terlihat dingin dan kaku. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat menggunakan pencahayaan dengan warna warm white yang dapat menambahkan kesan hangat pada ruangan.

Selain itu, pencahayaan alami juga penting untuk memberi kesan ruangan monokrom yang cerah. Anda dapat menggunakan tembok berwarna putih yang akan membantu memantulkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga kesan ruangan yang lapang dan terang pun tercipta. Karena itu, palet warna monokrom dapat Anda terapkan di ruangan kecil.

Nah, itulah tips dan trik yang perlu Anda perhatikan sebelum mendekorasi rumah dengan warna monokrom. Walaupun kelihatannya merepotkan, namun bukan berarti mustahil dilakukan. Cobalah untuk bereksperimen hingga mendapatkan rumah monokrom dengan gaya yang Anda suka.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Ide Desain Wallpaper Minimalis untuk Suasana Kamar yang Tidak Membosankan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News