HOME, Keluarga

Catat, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Island di Dapur

Catat, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kitchen Island di Dapur

MOMSMONEY.ID - Kitchen island merupakan salah satu fitur dapur yang banyak ditemui di rumah-rumah negara Barat, tapi saat ini kitchen island juga sudah mulai banyak digunakan di rumah-rumah Indonesia.

Sebenarnya, apa itu kitchen island? Dilansir dari Livspace, kitchen island adalah kombinasi dari meja dapur dan kabinet yang diletakkan di tengah-tengah dapur. Kitchen island memiliki banyak kegunaan, seperti area memasak, mencuci piring, bahkan meja makan tambahan.

Nah, jika Anda tertarik untuk menambahkan kitchen island di dapur rumah, sebaiknya kenali dulu apa saja kelebihan dan kekurangan fitur dapur yang satu ini. Yuk, simak penjelasannya!

Baca Juga: Tamu Jadi Nyaman, Ini 3 Tips Menata Rumah untuk Acara Buka Bersama

Kelebihan Kitchen Island

Menambah area konter dapur

Dikutip dari Houzz, kelebihan utama kitchen island adalah dapat menambah area meja atau konter dapur, sehingga Anda memiliki banyak tempat untuk menyiapkan masakan. Hal ini tentu akan bermanfaat jika Anda memasak sesuatu yang membutuhkan banyak komponen, atau memasak dalam jumlah besar.

Menambah tempat untuk duduk

Melansir laman kensingtonscott.co.uk, kitchen island biasanya dimanfaatkan sebagai area untuk duduk dan berkumpul bersama layaknya meja makan. Jadi, dengan adanya kitchen island di dapur, penghuni rumah dapat duduk dengan nyaman di dapur sambil bercengkrama atau memasak bersama.

Menambah area penyimpanan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kitchen island adalah perpaduan antara kabinet dan meja dapur. Jadi, kitchen island dapat menambah ruang seperti laci dan lemari untuk menyimpan perlengkapan dapur seperti panci, wajan, toaster, hingga blender.

Membantu mengisi ruang kosong di tengah dapur

Jika Anda memiliki dapur berkonsep open space yang cukup luas, mungkin Anda merasakan adanya kesan kosong di tengah-tengah area dapur. Nah, kitchen island dapat membantu mengisi ruang kosong tersebut, sehingga Anda dapat bekerja di dapur dengan lebih efisien.

Baca Juga: 5 Trik Menata Rak Dapur Berkonsep Open Shelving, Mudah Dilakukan!

Kekurangan Kitchen Island

Mengganggu lalu lintas di dapur

Mengutip Livspace, sebuah dapur idealnya memiliki tata letak atau layout yang dapat memudahkan Anda untuk berpindah-pindah antara kulkas, kompor, dan wastafel. Kadang-kadang, keberadaan kitchen island di tengah dapur justru dapat mengganggu perpindahan tersebut, sehingga membuat lalu lintas di dapur kurang nyaman.

Baca Juga: Mudah Kotor, Ini 6 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Serba Putih

Memakan banyak tempat

Jika Anda memiliki dapur berukuran kecil, penambahan kitchen island tidak begitu disarankan karena akan memakan banyak area lantai. Sama seperti poin sebelumnya, kitchen island malah akan membuat dapur kecil terasa makin sempit sehingga mengganggu pergerakan Anda di dapur.

Biaya pemasangannya cenderung mahal

Salah satu kekurangan kitchen island yang cukup kentara adalah biaya pemasangannya yang cenderung mahal. Sebab, kitchen island biasanya membutuhkan komponen seperti listrik dan pipa jika Anda ingin memasang stopkontak atau wastafel. Jadi, pertimbangkan baik-baik kebutuhan dan anggaran sebelum memutuskan untuk memasang kitchen island di dapur.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kitchen island yang perlu diketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News