HOME, Keluarga

5 Trik Menata Rak Dapur Berkonsep Open Shelving, Mudah Dilakukan!

5 Trik Menata Rak Dapur Berkonsep Open Shelving, Mudah Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Rak dapur berkonsep open shelving atau rak terbuka sudah lama populer, terutama pada rumah-rumah yang mengusung gaya minimalis.

Memang, rak dapur yang terbuka menawarkan kesan yang lebih simpel dibandingkan rak dapur tertutup, sehingga banyak disukai oleh pengguna rumah berkonsep minimalis.

Supaya rak dapur dengan open shelving tetap terlihat menawan sekaligus fungsional, penataannya perlu diperhatikan dengan baik. Yuk, simak tips menata rak open shelving di bawah ini!

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Ini 5 Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah

Isi rak dengan barang menurut penggunaannya

Saat akan mengisi rak dengan open shelving, pastikan Anda mengisinya dengan barang-barang yang diurutkan berdasarkan frekuensi penggunaannya.

Artinya, letakkan piring, gelas, dan barang-barang lainnya yang digunakan sehari-hari di bagian bawah rak, lalu letakkan barang lainnya yang jarang digunakan (seperti vas atau dekorasi) di bagian atas rak. Mengutip bhg.com, hal ini akan membantu Anda mengambil benda di rak dengan lebih mudah.

Hindari terlalu banyak warna

Salah satu masalah utama yang kerap muncul dari rak open shelving adalah kesan yang ramai dan berantakan. Dikutip dari Family Handyman, hal ini bisa disebabkan oleh isi rak yang penuh dengan barang-barang berwarna-warni.

Supaya tampilan rak dengan open shelving terlihat rapi dan serasi, pilihlah barang-barang dengan warna dan gaya yang senada. Gunakan tema warna tertentu, misalnya warna netral atau monokrom.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Saat Ramadan, Tidak Sulit Kok!

Jangan isi terlalu penuh

Selain penggunaan warna-warna yang berlebihan, salah satu penyebab utama rak open shelving terkesan berantakan adalah pengisiannya yang terlalu penuh.

Melansir The Kitchn, rak open shelving membutuhkan ruang untuk “bernapas” sehingga sebaiknya tidak diisi penuh. Selain itu, rak yang terlalu penuh juga dapat membahayakan Anda ketika akan mengambil barang di rak tersebut.

Baca Juga: Tamu Jadi Nyaman, Ini 3 Tips Menata Rumah untuk Acara Buka Bersama

Bersihkan secara rutin

Walaupun terlihat sederhana dan minimalis, rak terbuka mudah kotor dan berdebu sehingga perlu dirawat dengan lebih teliti dibandingkan rak tertutup.

Oleh karena itu, pastikan Anda rutin membersihkan debu di permukaan rak dan barang-barang yang ada di dalam rak tersebut. Anda dapat menggunakan kemoceng, kain bersih, bahkan tisu dapur yang dibasahi sedikit air.

Jaga kerapian isi rak

Seperti yang sudah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, rak open shelving rentan terlihat berantakan jika diisi dan ditata dengan sembarangan.

Jika Anda suka menaruh barang-barang sembarangan, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut sehingga rak open shelving selalu terlihat rapi. Hanya gunakan rak dapur untuk menyimpan barang-barang dapur, misalnya toples bahan makanan atau alat masak.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menata rak dapur dengan konsep open shelving. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News