HOME, Keluarga

Mudah Dilakukan, Ini 5 Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah

Mudah Dilakukan, Ini 5 Tips Mengurangi Sampah Makanan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Sampah makanan merupakan salah satu sampah rumah tangga yang paling banyak dihasilkan, mulai dari sisa makanan yang tidak dimakan hingga sisa buah dan sayuran yang membusuk.

Bahkan, sekitar sepertiga bagian makanan di Amerika Serikat kerap tidak dimakan sehingga terbuang begitu saja. Melansir laman United States Environmental Protection Agency (EPA), pada tahun 2018 terdapat sekitar 81% atau 20,3 ton makanan yang berakhir di pembuangan sampah.

Jadi, untuk membantu mengurangi jejak karbon dan melestarikan alam, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi sampah makanan di rumah. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Trik Membuat Dapur Terlihat Lebih Modern, Seperti Apa?

Buat daftar belanja

Dikutip dari laman naturefresh.ca, stok atau persediaan makanan yang berlebihan umumnya menjadi salah satu penyebab utama munculnya sampah makanan di rumah.

Jadi, sebelum berbelanja, usahakan untuk membuat shopping list atau daftar belanja. Daftar ini dapat membantu Anda mengontrol diri saat membeli makanan. Anda pun akan terhindar dari membeli bahan  makanan yang mungkin tidak diperlukan.

Belanja dengan bijak

Selanjutnya, saat berbelanja, perhatikan juga kebutuhan Anda dan penghuni rumah lainnya. Misalnya, jika Anda sekeluarga berjumlah empat orang, maka pastikan Anda membeli bahan makanan yang cukup untuk empat orang, jangan sampai berlebihan.

Selain itu, jangan tergoda untuk membeli makanan dalam jumlah besar hanya karena sedang promo atau diskon. Persediaan makanan yang berlebihan biasanya tidak sempat dihabiskan, sehingga harus dibuang begitu saja.

Baca Juga: 4 Tips Mengurangi Limbah Rumah Tangga, Lingkungan Makin Lestari!

Simpan makanan dengan benar

Salah satu kunci supaya makanan tetap segar dan awet adalah cara penyimpanannya. Dengan cara penyimpanan yang benar, makanan akan tidak mudah busuk dan tetap enak saat dikonsumsi.

Dilansir dari laman Medical News Today, berikut beberapa cara untuk menyimpan makanan dengan benar:

  • Pastikan suhu kulkas selalu dingin, kira-kira di bawah 5°C.
  • Simpan makanan yang matang di bagian rak atas kulkas, dan simpan makanan mentah di rak bawah.
  • Simpan makanan di wadah atau kontainer tertutup.
  • Jika diperlukan, bekukan beberapa jenis bahan makanan seperti daging, sayur, dan buah.

Baca Juga: Memasak Makin Nyaman, Ini Tips Membersihkan Dapur Saat Ramadan

Manfaatkan sisa makanan

Sisa makanan seperti sisa buah, potongan sayur, hingga sisa kulit dan tulang ayam biasanya dibuang begitu saja. Padahal, sisa-sisa makanan tersebut bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi banyak hal.

Misalnya, sisa kulit dan tulang ayam bisa direbus menjadi kaldu atau sup ayam yang lezat. Atau, sisa potongan sayur bisa diolah menjadi kaldu sayuran. Anda juga bisa mengolah sisa makanan menjadi makanan lainnya, seperti nasi goreng, jus, sayur tumis, dan lain-lain.

Komposkan sisa makanan

Terakhir, Anda dapat mengomposkan sisa makanan organik seperti sisa buah dan sayur supaya dapat menjadi pupuk kompos yang bermanfaat bagi tanaman di rumah.

Untuk membantu Anda mulai mengompos, coba gunakan komposter yang banyak dijual di pasaran atau e-commerce. Tak hanya sisa buah dan sayur, sisa makanan lainnya seperti daun teh dan bubuk kopi juga dapat diolah menjadi pupuk kompos.

Itulah beberapa tips mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah makanan di rumah. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News