HOME, Bugar

Catat! Ini 5 Cara Mencegah Demensia di Usia Muda

Catat! Ini 5 Cara Mencegah Demensia di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Mencegah demensia di usia muda memang perlu segera dilakukan. Beragam penelitian menunjukkan bahwa hampir 76% dari kasus penurunan kognitif otak dipengaruhi oleh gaya hidup yang buruk.

Demensia sendiri merupakan penyakit yang terjadi karena adanya penurunan daya ingat dan cara berpikir. Jika sudah dialami, penyakit akan berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari, dilansir dari Health Focus.

Untuk mencegah demensia dan kondisi kesehatan serius lainnya, sebaiknya Anda mulai mengubah gaya hidup Anda saat usia muda. 

Baca Juga: Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh. Ini Penjelasannya

Dilansir dari Stanford Health Care, berikut ini 5 cara mencegah demensia di usia muda yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Olahraga rutin

Cara mencegah demensia di usia muda yang pertama adalah melakukan olahraga rutin. Ini adalah cara paling efektif untuk menangkal penurunan kognitif dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Terlebih lagi, olahraga rutin juga bisa memperlambat kerusakan saraf otak lebih lanjut pada orang-orang yang sudah terlanjur mengembangkan masalah kognitif.

Olahraga melindungi terhadap Alzheimer dengan merangsang kemampuan otak untuk mempertahankan koneksi saraf yang lama dan juga membuat yang baru.

2. Jaga berat badan

Cara mencegah demensia di usia muda yang kedua adalah menjaga berat badan. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan tekanan darah, yang meningkatkan risiko terkena demensia.

Risiko ini akan lebih tinggi jika Anda mengalami obesitas. Selain itu, menjaga berat badan sehat juga akan mengurangi risiko diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, hingga demensia.

Cara paling sederhana untuk mulai mengontrol berat badan adalah dengan mencatat semua yang Anda makan setiap hari di diary makanan.

3. Jaga otak selalu aktif

Cara mencegah demensia di usia muda yang ketiga adalah menjaga otak selalu aktif. Selalu menggunakan otak untuk berpikir dengan membaca atau mempelajari hal-hal yang belum diketahui sebelumnya.

Hal-hal tersebut akan membuat otak selalu aktif, sehingga menurunkan risiko terkena demensia di kemudian hari.

Jika terlalu malas membaca dan mempelajari hal-hal baru, Anda dapat melakukan teka-teki silang untuk menjaga otak selalu aktif.

Baca Juga: Konsumsi Buah Apel sejak Sekarang! Bisa Bantu Mengatasi 5 Penyakit Ini

4. Tidur yang cukup

Cara mencegah demensia di usia muda yang keempat adalah melakukan tidur yang cukup. Jika mood Anda sangat buruk seakan dunia berakhir ketika kurang tidur, waspadalah.

Anda mungkin berisiko lebih tinggi untuk terkena gejala penyakit Alzheimer. Sudah umum bagi penderita demensia dan penyakit Alzheimer untuk menderita insomnia atau masalah tidur lainnya. 

5. Penuhi asupan vitamin D

Cara mencegah demensia di usia muda yang kelima adalah memenuhi asupan vitamin D. Meningkatkan asupan vitamin D menjadi salah satu langkah mencegah demensia sejak dini.

Pasalnya, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan kognitif pada tubuh. Cara yang paling alami dan mudah untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah dengan berjemur.

Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin atau suplemen tambahan. 

Itulah beberapa cara mencegah demensia di usia muda. lakukan langkah pencegahan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan.

Gejala demensia yang dibiarkan akan membuat daya ingat menurun, susah dalam menemukan kata-kata yang tepat saat berkomunikasi, serta terganggunya aktivitas sosial sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News