CLOSE [X]
ads

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh. Ini Penjelasannya

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 07 Januari 2022 | 09:13 WIB
Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat untuk Tubuh. Ini Penjelasannya

ILUSTRASI. Manfaat Konsumsi Makanan Sehat Secara Rutin untuk Tubuh


MOMSMONEY.ID - Makanan sehat untuk tubuh memiliki manfaat yang luar biasa. Tubuh memerlukan berbagai asupan untuk menunjang kinerja organ tubuh dan kesehatan menjadi lebih baik.  

Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh seperti protein, lemak tak jenuh, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Gaya hidup modern kerap membuat manusia abai tentang kesehatan tubuh. Lupa menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan sehat.

Kita lihat, berapa banyak tempat yang menjual makanan cepat saji yang lebih menggoda dan dirasa praktis untuk dikonsumsi. 

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Padahal, tidak banyak makanan cepat saji yang memiliki kandungan gizi seimbang dan justru mengandung lemak, pengawet, pewarna buatan dan hal yang merugikan lainnya. 

Pentingnya mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh tidak boleh disepelekan. Dilansir dari Mayo Clinic dan Health Focus, berikut ini 5 manfaat mengonsumsi makanan sehat secara rutin untuk tubuh, antara lain: 

1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat mengonsumsi makanan sehat secara rutin untuk tubuh yang pertama adalah menjaga sistem pencernaan. Dalam usus besar dipenuhi bakteri alami yang berperan penting dalam metabolisme dan pencernaan.

Dengan mengonsumsi makanan sehat rendah lemak, tinggi serat, maka akan membuat usus tetap sehat, seperti yogurt, sayuran hijau, ubi jalar, ataupun putih telur. 

2. Membuat suasana hati lebih baik

Manfaat mengonsumsi makanan sehat secara rutin untuk tubuh yang kedua adalah membuat suasana hati lebih baik. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan sehat akan berpengaruh pada perasaan.

Hal ini dibuktikan pada penelitian yang dilakukan Kara L. Breymeyer, 2016. Studi ini menjelaskan jika pola makan yang tidak sehat dapat memicu peningkatan gejala depresi dan kelelahan.

Saat perut kenyang dengan makanan sehat, sistem pencernaan juga akan bekerja dengan baik sehingga akan memberikan energi baik kepada seluruh organ tubuh.

Jika tubuh dan perasaan hati baik, kita cenderung semangat melakukan aktivitas, hal ini juga memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon kebahagiaan yang bermanfaat untuk tubuh. 

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER