HOME, Bugar

Catat! 10 Perawatan Sebelum Menikah Untuk Wanita, Tampil Cantik di Hari Pernikahan

Catat! 10 Perawatan Sebelum Menikah Untuk Wanita, Tampil Cantik di Hari Pernikahan

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya baju pengantin, wanita juga perlu merawat tubuh dari ujung rambut sampai kaki sebelum menikah. Sehingga, wanita perlu memiliki waktu khusus untuk bisa merawat diri karena cukup banyak rangkaian perawatan sebelum menikah yang harus dilakukan.

Bagi anda yang akan segera menikah, mungkin 10 perawatan sebelum menikah ini perlu anda ingat dan praktekan ya. Agar anda bisa tampil cantik maksimal di hari pernikahan. Berikut perawatan sebelum menikah untuk wanita dilansir dari thebodyshop.co.id dan portal.axa.co.id, yakni:

1. Perawatan Seluruh Wajah

Wajah adalah perawatan sebelum menikah pertama yang harus dilakukan, supaya wajah anda terlihat segar dan bercahaya. Anda bisa melakukan perawatan masker wajah selama 2-3 kali dalam seminggu. Tentunya, pilihlah masker wajah yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah anda. 

Selain itu, gunakan produk make-up yang tepat. Jika anda memiliki kulit sensitif terhadap penggunaan kosmetik, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan para ahli kecantikan agar tidak mengalami alergi.

Sebab, make-up di hari pernikahan akan cenderung tebal dan bersifat full coverage, sehingga untuk menghindari wajah terasa memerah atau meradang yang disebabkan karena penggunaan make-up seharian. 

2. Perawatan Kuku, Tangan dan Kaki

Perawatan Kuku

Perawatan kuku, tangan dan kaki juga perlu diperhatikan sebelum menikah. Hal ini karena saat pernikahan, anda pasti akan bersalaman dengan banyak orang. Anda bisa melakukan perawatan manicure dan nail art agar tampilannya terlihat cantik. Perlu juga rutin menggunakan minyak pada area kutikula agar kuku terlihat sehat dan lembap. 

Pada perawatan kaki, anda bisa menggunakan air hangat dan waxing menggunakan shave cream untuk menghilangkan bulu kaki. Selain itu, anda perlu menjaga kelembapannya dengan menggunakan pelembap khusus kaki. Pada telapak dan jari kaki, lakukanlah pedicure yang nyaman dan scrub di bagian kulit kering.

3. Perawatan Mata

Area mata juga menjadi perawatan sebelum menikah yang harus diperhatikan. Anda bisa menyamarkan lingkaran hitam dan kantung mata dengan mengunakan krim mata setiap malam dan kompres dingin 1-2 kali setiap minggu. Istirahat dengan cukup juga diperlukan untuk menghindari mata yang tampak lelah.

Sebisa mungkin tidak mengonsumsi makanan asin karena dapat menyebabkan mata terlihat membengkak. Saat membersihkan riasan mata, perlu juga menggunakan pembersih yang lembut dan gosok secara perlahan, ya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Acne Patch di Bawah Rp50.000, Jerawat Cepat Kempes

4. Perawatan Rambut

keramas

Pada perawatan rambut anda bisa melakukan creambath, hair mask, atau hair spa saat 2-3 bulan sebelum menikah. Lakukan perawatan rambut secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Jangan lupakan penggunaan hair serum, hair oil atau vitamin rambut sebagai perawatan tambahan yang digunakan sehabis keramas. 

5. Perawatan Payudara

Perawatan sebelum menikah selanjutnya yaitu perawatan payudara. Hal ini untuk menjaga tampilannya tetap kencang dan tampak mulus. Lakukanlah pemijatan dan memakai masker payudara dengan kandungan bahan alami secara rutin.

6. Perawatan Vagina

Jangan lewatkan perawatan di area kewanitaan yaitu vagina. Anda bisa melakukan perawatan ratus yang tersedia di berbagai spa. Ratus adalah teknik pengasapan atau penguapan dengan berbagai bahan rempah herbal yang dipercaya dapat mengurangi berbagai masalah di organ intim, seperti keputihan, menghilangkan aroma tak sedap, serta menyeimbangkan kelembapan. Anda tidak perlu khawatir, perawatan ratus menggunakan bahan-bahan alami seperti, daun manjakani, daun pandan, jahe, jati belanda, kunyit, sereh, maupun sirih.

7. Perawatan Bibir

Tentunya anda tidak mau bibir telihat pucat dan pecah-pecah saat acara pernikahan. Anda bisa menggunakan vitamin E dalam bentuk stik dan mengeksfoliasi bibir dengan lip scrub seminggu sekali untuk mendapatkan bibir bebas kering.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Kutek Peel Off, Sesuaikan dengan Warna Kulit

8. Perawatan Gigi

Saat anda tersenyum, memiliki gigi putih dapat menunjang penampilan saat acara pernikahan. Anda bisa melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali diikuti dengan pembersihan karang gigi.

Bila diperlukan lakukanlah pemutihan gigi atau veneer agar penampilan terlihat lebih maksimal. Bukan hanya tampilan, dengan melakukan perawatan gigi secara rutin bisa membuat mulut selalu terjaga agar nafas tetap wangi terutama saat hari pernikahan.

9. Perawatan Bagian Leher dan Tulang Selangka

Jangan lupakan bagian leher dan tulang selangka, Kulit pada bagian tersebut membutuhkan perhatian khusus karena memiliki kandungan minyak yang sedikit. Lakukanlah eksfoliasi lembut dengan face scrub setiap hari, gunakan pelembap ringan, dan lindungi dengan sunscreen sebelum terpapar sinar matahari

10. Perawatan Pijat dan Lulur

Luluran

Perawatan sebelum menikah lainnya yaitu perawatan pijat dan lulur. Anda bisa melakukan perawatan ini 2-3 bulan sebelum pernikahan sebanyak dua minggu sekali. Perawatan pijat untuk seluruh tubuh dipercaya membantu meminimalisir stres dan melancarkan peredaran darah sehingga kulit terlihat lebih sehat dan halus.

Sementara untuk luluran, manfaatnya bukan hanya membuat kulit menjadi bersih tapi mampu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Selanjutnya: 5 Rekomendasi Produk Skincare untuk Kulit Kusam Belang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News