Bugar

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan

Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Panjat tebing merupakan olahraga yang bisa dilakukan di banyak tempat, entah itu indoor maupun alam bebas. Tidak sedikit manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat panjat tebing bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Olahraga yang dikenal menantang ini juga baik untuk kesehatan mental. Namun, pastikan Anda berhati-hati.

Selain itu, panjat tebing juga memiliki beragam manfaat lain yang perlu Anda ketahui seperti dilansir dari Health Focus berikut ini: 

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga dan Latihan yang Efektif untuk Redakan Nyeri Punggung

Meningkatkan jiwa sosial

Manfaat panjat tebing yang pertama adalah meningkatkan jiwa sosial. Sama seperti berolahraga di gym, panjat tebing akan mengundang jiwa sosial yang tinggi.

Sebab, orang-orang yang juga belajar olahraga ini cenderung memberikan semangat pada orang-orang yang baru belajar. Dengan begitu, jiwa sosial pun meningkat.

Membentuk otot dan ketahanan tubuh

Manfaat panjat tebing yang kedua adalah membentuk otot dan ketahanan tubuh. Banyak anggapan yang mengatakan bahwa panjat tebing hanya membutuhkan kekuatan otot bagian atas.

Padahal, banyak faktor fisik lain yang memengaruhi performa dalam memanjat tebing, seperti besar otot, gerakan kaki yang lincah, hingga kekuatan otot tubuh bagian bawah.

Meningkatkan fungsi otak

Manfaat panjat tebing yang ketiga bisa meningkatkan fungsi otak. Jangan salah, panjat tebing memerlukan konsentrasi yang sangat tinggi. Salah pijakan saja, Anda bisa terjatuh.

Anda diharuskan memiliki kemampuan penyelesaian masalah yang baik, karena ketika sudah “setengah jalan”, akan sulit untuk turun ke bawah, apalagi kalau melakukannya di alam bebas.

Baca Juga: Cara Menambah Berat Badan Ideal

Menghilangkan stres

Manfaat panjat tebing yang selanjutnya adalah menghilangkan stres. Percaya atau tidak, panjat tebing bisa digunakan untuk menurunkan stres.

Berolahraga dapat meningkatkan kadar hormon norepinefrin dalam tubuh, sehingga membantu menyeimbangkan respons otak ketika stress terjadi.

Menawarkan variasi workout yang tidak membosankan

Manfaat panjat tebing yang terakhir adaalah pilihan workout agar tidak bosan. Jika Anda sudah bosan gym, panjat tebing bisa jadi pilihan yang manjur, untuk menghilangkan kebosanan itu.

Memang, panjat tebing bukan untuk mereka yang tidak suka olahraga ekstrem. Namun, olahraga ini sangat mampu “menantang” fisik dan mental Anda.

Jika Anda memiliki penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan panjat tebing. 

Dengan mengenali kondisi tubuh, Anda bisa mendapatkan manfaat panjat tebing bagi kesehatan tanpa menimbulkan risiko yang berbahaya.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter guna memastikan apakah kondisi tubuh Anda memungkinkan untuk melakukan olahraga panjat tebing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News