Bugar

Cara Menambah Berat Badan Ideal

Cara Menambah Berat Badan Ideal

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda ingin menambah berat badan? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal, tidak terlalu kurus, atau tidak terlalu gemuk. Namun perlu diingat, semua itu harus dilakukan dengan cara tepat agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Dikutip dari ceklist.id, cara menaikkan berat badan harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Kemudian, ketahui penyebab mengapa berat badan Anda belum sesuai standar ideal.

Perlu diingat, standar badan ideal setiap orang berbeda. Pasalnya, perhitungannya dipengaruhi oleh tinggi badan. Dengan demikian, Anda tidak bisa membandingkan berat badan Anda dengan berat badan orang lain.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menghitung berat badan ideal (kilogram) dengan rumus = tinggi badan (sentimeter) – 100. Hasil perhitungan itulah yang menjadi patokan apakah berat badan Anda ideal, di bawah normal, atau bahkan di atas normal. Contohnya, tinggi badan Anda 160 sentimeter, maka Anda perlu kurangi tinggi badanmu dengan 100. Hasilnya adalah 60.
Lalu, sebelum Anda memulai program peningkatan berat badan, periksa status gizi Anda dengan menghitung indeks massa tubuh. Apabila hasil penghitungan menunjukkan bahwa bobot tubuh Anda kurang memenuhi, maka perbaiki pola makan dan konsultasikan kepada dokter.

Cara Aman dan Sehat Menambah Berat Badan

Cara menambah berat badan yang paling aman adalah dengan mengatasi kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan. Apabila hal tersebut bisa diatasi, maka berat badan pun akan bertambah.

Kemudian, ada beberapa langkah menambah berat badan secara sehat dan aman yang bisa Anda coba, yakni : 

1. Pilih Makanan Kaya Nutrisi

Anda tidak wajib mengkonsumsi makanan tinggi kalori untuk menambah berat badan. Anda hanya perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk menambah berat badan dengan lebih sehat. Misalnya buah dan sayuran, kacang, daging tanpa kulit, tahu, tempe, telur dan ikan.

Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen tambahan sesuai anjuran dokter. Anda juga bisa mencoba konsumsi susu penambah berat badan.

2. Makan  dengan Porsi Kecil

Seseorang yang kekurangan berat badan cenderung cepat kenyang. Maka, lebih baik makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering, ketimbang makan 2 hingga 3 kali dalam porsi besar.

3. Konsumsi Minuman Berkalori dan Bernutrisi

Asupan nutrisi juga dapat diperoleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar juga baik untuk membantu mendapatkan berat ideal. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda juga terhindar dari dehidrasi.

4. Konsumsi Camilan Sehat

Pilihlah camilan sehat yang kaya nutrisi, seperti yoghurt, coklat hitam, buah-buahan, atau roti gandum. Kemudian, hindari konsumsi camilan tidak sehat, seperti gorengan. Sebab makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. 

Apabila dikonsumsi secara berlebihan, bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

5. Tambah Asupan Kalori

Anda juga perlu menambah asupan kalori dalam menu makan sehari-hari. Beri taburan keju parut pada roti, mentega pada tumisan, atau krim dan susu pada sup. 
Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan gula darah, garam, dan kolesterol. Apabila berlebihan, justru akan mengganggu kesehatan tubuh.

6. Minum Sesudah Makan

Minum banyak air sebelum makan membuat tubuh lebih cepat kenyang. Maka, nafsu makan akan berkurang dan porsi makan Anda pun menjadi lebih sedikit.

7. Rajin Berolahraga

Olahraga secara rutin tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, namun juga bermanfaat dalam menambah berat badan. Dengan rutin berolahraga, tubuh akan membentuk jaringan otot lebih banyak sekaligus mengurangi kelebihan lemak.

Rutin berolahraga dan ditambah pola makan yang sehat, akan membantu Anda mencapai berat badan lebih ideal. Di sisi lain, olahraga juga bisa menambah nafsu makan, sehingga asupan nutrisi dan kalori bisa meningkat.

Anda bisa mencoba aerobik, angkat beban, bersepeda, berenang, atau berlari. Lakukan secara bertahap dan sesuai kemampuan. Anda bisa melakukannya secara rutin setidaknya 20 hingga 30 menit per hari.

Kesimpulan

Banyak beredar produk suplemen atau obat herba di pasaran yang diklaim mampu menambah berat badan. Namun, carilah informasi terlebih dahulu terkait manfaat dan tujuan penggunaannya. Pastikan produk tersebut telah terdaftar secara resmi di BPOM demi menjamin keamanan.
Lalu, konsultasikan ke dokter saat hendak mengkonsumsi produk suplemen. Yang terpenting, Anda juga harus tetap menjalani pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk menambah berat badan secara alami, aman serta sehat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News