Keluarga

5 Jenis Olahraga dan Latihan yang Efektif untuk Redakan Nyeri Punggung

5 Jenis Olahraga dan Latihan yang Efektif untuk Redakan Nyeri Punggung

MOMSMONEY.ID - Nyeri pada punggung bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari faktor usia, terlalu banyak duduk, hingga cedera akibat aktivitas berat.

Punggung yang sakit bisa diminimalisir dengan melakukan beberapa jenis olahraga dan latihan tertentu yang dapat melenturkan sehingga otot tidak terlalu tegang.

Berikut MomsMoney rangkum beberapa jenis olahraga dan gerakan yang dapat memulihkan nyeri pada punggung yang dirangkum dari Very Well Health, Web MD, dan Sehat Aqua, selengkapnya!

Baca Juga: Mengenal 6 Jenis Gerakan Stretching untuk Meregangkan Otot dan Sendi

Yoga

Yoga termasuk ke dalam jenis olahraga ringan yang menghadirkan fleksibilitas & kekuatan secara bersamaan. Jenis olahraga ini menawarkan banyak manfaat bagi penderita sakit leher dan punggung.

Sebuah studi pada tahun 2016 yang dilansir dari Very Well Health menemukan bahwa orang dengan nyeri punggung bawah ringan hingga kronis dapat bergerak lebih banyak setelah melakukan yoga secara rutin 12 minggu berturut-turut.

Yoga meningkatkan kekuatan inti yang membantu menopang tulang belakang lumbar dan meredakan nyeri punggung kronis.

Pilates

Sama seperti yoga, pilates merupakan olahraga ringan yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh serta nyeri pada punggung.

Melakukan olahraga pilates secara rutin juga dapat memulihkan nyeri punggung, serta mengembalikan fleksibilitas dan kekuatan otot ini.

Meski mirip, namun pilates berbeda dengan yoga. Jika yoga berfokus pada pengelolaan stress dan kelenturan tubuh, sementara pilates berfokus pada perbaikan postur tubuh dan peningkatan stamina.

Ada baiknya latihan pilates dan yoga dilakukan bersama instruktur yang sudah tersertifikasi agar tak menimbulkan cedera tambahan.

Baca Juga: 5 Cara Cepat dan Efektif Membersihkan Noda Bekas Stiker yang Menempel

Bird Dog

Gerakan bird dog

Jika anda sedang mengalami nyeri punggung, latihan Bird Dog rutin setiap pagi dan malam dapat membantu memulihkan rasa sakit yang Anda rasakan.

Gerakan bird dog bisa dilakukan sebanyak 8-12 kali dengan rentang waktu 5 detik di setiap gerakannya.

Latihan bird dog adalah cara yang bagus untuk mempelajari cara menstabilkan punggung bawah selama gerakan berlangsung. Saat sedang melakukan gerakan ini, jangan sampai punggung bawah melorot ke bawah agar gerakan tetap efektif untuk penyembuhan.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Energi Secara Cepat saat Sedang Kelelahan Akut

Gerakan bridging

Gerakan bridging

Gerakan bridging tak hanya membuat otot perut jadi lebih kencang, tapi juga dapat memulihkan nyeri punggung jika dilakukan secara rutin.

Utnuk bisa melakukannya, cukup telentangkan badan dengan lutut ditekuk serta tumit yang menempel pada lantai. Dorong tumit & kedua tangan ke badan sambil mengangkat bagian bokong ke atas sehingga bokong, lutut, pinggul, dan pundak berada dalam 1 garis sejajar.

Saat bokong sedang diangkat, tahan selama 6 detik dan istirahatkan punggung ke lantai selama 10 detik. Ulangi gerakan sebanyak 8-12 kali.

Baca Juga: Cepat Mengantuk Setelah Makan? Tenyata Ini Penyebabnya

Berenang

Berenang merupakan olahraga dengan segudang manfaat, salah satunya meredakan nyeri punggung. Ini karena berenang dapat menggerakkan seluruh otot tubuh sehingga memperlancar pembuluh darah mengalir ke otot punggung.

Selain itu, berenang dapat memulihkan otot punggung yang sakit karena punggung tak memiliki beban sebab beban tubuh ditopang oleh air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News