HOME, Bugar

Cari Tahu Perbedaan Cleansing Oil dan Cleansing Balm, Mana Favorit Anda?

Cari Tahu Perbedaan Cleansing Oil dan Cleansing Balm, Mana Favorit Anda?

MOMSMONEY.ID - Sebelum mencuci muka dengan face wash, Anda dapat menggunakan cleansing oil atau cleansing balm dahulu. Kedua produk ini memiliki manfaat yang sama, yaitu dapat membersihkan wajah dari make up, debu dan kotoran.

Keunggulan dari kedua produk ini hampir sama. Perbedaannya terdapat pada tektur dan kemasannya. Pada cleansing oil, memiliki tekstur cair dan dikemas dalam botol atau pump. Sedangkan pada cleansing balm memiliki tekstur sangat heavy sehingga dikemas dalam bentuk stoples atau jar.

Kedua cleansing ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Sehingga, pemilihan produk cleansing tergantung dari kebutuhan anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan cleansing oil dan cleansing balm sebelum Anda menentukan produk cleansing favorit, melansir dari kleiandclay.com, yaitu:

Baca Juga: Ketahui Jenis dan Manfaat Acne Patch untuk Bantu Atasi Masalah Jerawat

  • Cleansing Oil

Cleansing Oil

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cleansing oil dikemas dalam betuk botol/pump sehingga lebih higienis ketika digunakan. Formula liquid di dalamnya akan lebih terlindungi dibanding dengan cleansing balm yang kemungkinan besar orang-orang menggunakannya dengan tangan.

Selanjutnya, harga yang ditawarkan produk cleansing oil lebih murah, sehingga cocok buat Anda yang memiliki budget sedikit untuk mendapatkan perawatan kulit yang sehat. 

Namun, cleansing oil dapat membuat kulit Anda menjadi berminyak. Sebaiknya Anda aplikasikan lagi micellar water atau face wash setelah penggunaan cleansing oil ke wajah. Selain itu, teksturnya yang cair bisa menjadi berantakan saat mengaplikasikan ke kulit wajah Anda. Jadinya, Anda harus lebih hati-hati. 

  • Cleansing Balm

Cleansing Balm

Cleansing balm mampu menghapus make up bertipe water resistance seperti matte foundation, sunblock, mascara dan lain-lain. Sangat cocok buat Anda yang setiap harinya menggunakan matte foundation.

Selain itu, dengan cleansing balm anda dapat melakukan Face Massaging di rumah. Selain dapat membersihkan makeup hingga pori-pori, Anda juga dapat melancarkan peredaran darah wajah. 

Namun, cleansing balm dijual dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan cleansing oil. Penggunaan cleansing balm juga tidak higies sebab Anda harus mengambilnya dengan tangan, sebaiknya gunakan spatula saja.

Selain itu, Anda juga perlu membutuhkan waktu khusus untuk membersihkan wajah dengan cleansing balm ini. 

Selanjutnya: 3 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Mugwort Buat Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News