CLOSE [X]
ads

Cara Menghentikan Hamster yang Suka Mengigit Kandang

Sumber: The Spruce Pets
Jumat, 20 Mei 2022 | 15:45 WIB
Cara Menghentikan Hamster yang Suka Mengigit Kandang


MOMSMONEY.ID - Ada banyak alasan kenapa hamster suka menggigit kandangnya. Penyebab paling umumnya adalah kebosanan, mengatur pertumbuhan gigi, dan kebiasaan. Padahal mengunyah kandang dapat menyebabkan masalah pada diri hamster. Misalnya, seperti trauma gigi, toksisitas, dan potensi kabur karena kandang yang rusak.

Ada beberapa cara sederhana dan mudah dilakukan untuk menghentikan hamster menggigiti jeruji kandangnya. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut beberapa caranya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sisir Bulu Hewan Peliharaan yang Mudah Digunakan

Memberi Mainan Kunyah

Pertama, Anda dapat mengalihkan kegiatan hamster dengan barang yang aman untuk dikunyah hamster di dalam kandangnya. Mainan kayu seperti tangga, rumah, dan alat pengunyah khusus untuk hewan pengerat. Mainan ini dapat Anda dapatkan di toko hewan peliharaan. Jika tidak, Anda juga dapat menggunakan tabung tisu toilet.

Menambahkan Fasilitas Kegiatan Fisik

Kebosanan adalah alasan umum kenapa hamster Anda mulai menggigiti jeruji kandang. Maka, cara terbaik untuk mengatasi kebosanan ini adalah menambahkan fasilitas kegiatan fisik. Misalnya, menyediakan roda latihan, lorong-lorong labirin, dan seluncuran. Dengan memberinya banyak fasilitas kegiatan fisik, akan memberikan banyak kesempatan pada hamster untuk membuang kelebihan energi.

Mengobati Stres pada Hamster

Pastikan hamster Anda tidak memiliki stres. Stres yang dialami hamster akan meningkatkan kecemasannya, sehingga hamster akan sering melakukan hal-hal yang tidak normal. Misalnya, menggigiti jeruji kandang.

Stres ini dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti perubahan tempat tinggal, tertekan, dan ketakutan. Maka, Anda perlu mengobati stres pada hamster dengan menghindarkannya dari pemicu stres. Anak-anak yang berisik dan tidak bisa menangani hamster dengan baik dapat menjadi pemicu stres juga, sehingga ini juga perlu diwaspadai.

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Hamster Agar Bau Tak Sedap Hilang? Simak Jawabannya

Mengganti Kandang

Kandang yang tidak sesuai atau kekecilan, tentunya tidak membuat hamster nyaman, sehingga mereka akan menggigiti kandang untuk mengekspresikan ketidaknyamanannya. Kemunkingkinan lain karena hamster bosan dengan kandangnya yang sudah kotor dan lama. Oleh karena itu, mengganti kandang dapat menjadi solusi yang tepat.

Anda mungkin juga dapat mengganti bahan yang lebih aman lainnya untuk menghindari hamster melakukan kebiasaan menggigiti kandang. Namun, karena hamster dapat mengalami stres karena perubahan situasi, Anda perlu berhati-hati saat akan mengganti sesuatu dari kandangnya.

Memberi Banyak Perhatian

Tak ada yang lebih dibutuhkan hamster selain perhatian dari pemiliknya sendiri. Perhatian ini bisa berarti banyak hal makanan, perawatan harian, dan disayangi. Meluangkan waktu untuk menemani hamster bermain juga bentuk perhatian Anda untuknya. Dengan begitu, hamster akan menjadi lebih sibuk dan tidak akan tertarik untuk menggerogoti kandangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru