CLOSE [X]
ads

Bolehkah Memandikan Hamster Agar Bau Tak Sedap Hilang? Simak Jawabannya

Sumber: Petmd
Kamis, 19 Mei 2022 | 15:05 WIB
Bolehkah Memandikan Hamster Agar Bau Tak Sedap Hilang? Simak Jawabannya


MOMSMONEY.ID - Beberapa orang mungkin enggan memelihara hamster karena mereka memiliki bau khas yang tidak menyenangkan. Akhirnya, banyak yang memiliki ide untuk memandikan hamster dengan air dan sabun, seperti halnya memandikan kucing dan anjing. Namun, bolehkah ini dilakukan?

Dilansir dari Petmd, jawaban singkatnya YA, Anda bisa memandikan hamster. Akan tetapi, Anda hanya boleh memandikannya dalam keadaan tertentu. Keadaan tertentu ini diartikan seperti ada sesuatu yang menempel di bulu hamster yang sulit dihilangkan atau ketika tubuh hamster terkena bahan kimia beracun.

Baca Juga: Kenapa Badan Hamster Berbau Tidak Sedap? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kenapa Hamster Tidak Membutuhkan Mandi Air?

Di luar alasan itu, ada sebab lain kenapa hamster tidak membutuhkan mandi air, yakni hamster tidak memiliki ketertarikan pada air (kecuali minum) dan tidak bisa berenang. Mandi air, yang membuat tubuhnya basah, hanya akan membuat hamster gelisah, ketakutan, menggigit karena stres, dan masuk angin yang diakibatkan oleh perubahan suhu cepat saat dia terkena air. Mandi juga akan menghilangkan minyak alami mereka dan membahayakan kesehatannya.

Jika Anda mengeluh hamster peliharaan berbau tidak sedap, ini bukan karena mereka tidak pernah mandi air. Hamster memang memiliki kelenjar aroma yang khas di sisi tubuhnya. Akan tetapi, jika baunya menyengat, bisa jadi ini disebabkan oleh habitat hamster yang kotor. Bisa juga disebabkan oleh penyakit lain, seperti tumor atau infeksi dari lukanya. Hamster yang sedang diare atau “ekor basah” juga dapat mengeluarkan bau tidak sedap.

Baca Juga: Tips Membersihkan Telinga Kucing yang Aman dan Benar

Solusi untuk Membersihkan Tubuh Hamster

Sebenarnya, hamster memiliki kemampuan untuk membersihkan tubuhnya sendiri. Caranya tak berbeda jauh dengan hewan-hewan berbulu seperti anjing dan kucing, yakni menjilati bulu tubuhnya sendiri dan terkadang berguling-guling di pasir atau alas tidurnya.

Berguling-guling di pasir dapat membantunya membersihkan punggungnya dari minyak berlebihan dan kotoran lain yang tak terjangkau olehnya. Maka, penting bagi Anda untuk menyediakan pasir zeolite khusus hamster untuk mandi pasir. Namun, terus perhatikan kebersihan pasir hamster Anda agar tidak membuat hamster menjadi semakin kotor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anggi Miftasha

Terbaru